Senin 13 Desember 2021, 23:56 WIB

BPBD Klungkung Bali Lakukan Penanganan Darurat Banjir Bandang

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
BPBD Klungkung Bali Lakukan Penanganan Darurat Banjir Bandang

BNPB
Petugas membersihkan sisa banjir di Klungkung, Bali

 

BANJIR bandang terjadi di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Senin dini hari tadi (13/12), sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Peristiwa ini berlangsung setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut hingga menjebol tanggul di Desa Sakti dan Desa Lembongan.

Merespons insiden ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana. BPBD bersama dengan organisasi perangkat daerah lainnya, TNI dan Polri melakukan pembukaan akses jalan yang tertutup material banjir bandang.

"Alat berat diturunkan untuk pembersihan sampah dan lumpur. Masyarakat setempat turut membantu petugas di lokasi terdampak," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya Senin (13/12).

Selain itu, BPBD melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait di kecamatan maupun desa. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut.
"BPBD masih terus melakukan pendataan dalam belum merilis data terdampak hingga saat ini," sebutnya.

Banjir bandang ini menerjang enam desa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Keenam desa terdampak, yaitu Desa Sauna, Batununggul, Kutampi Kaler, Ped, Sakti dan Lembongan.
Pascakejadian, petugas BPBD masih bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi potensi banjir di wilayah terdampak. Besok (14/12) hingga lusa (15/12), cuaca di Kecamatan Nusa Penida berpeluang hujan ringan. Berdasarkan kajian bahaya inaRISK, kabupaten ini tidak memiliki potensi bahaya banjir bandang.

Dengan adanya peristiwa dini hari tadi, pemerintah dan masyarakat diimbau waspada dan siap siaga. Terlebih dalam menghadapi puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari tahun depan. (OL-8)

Baca Juga

MI/Januari Hutabarat

BPBD Sumut Respon Cepat Gempa Tapanuli Utara

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:47 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara merespons gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara dengan beberapa kebijakan...
ANTARA

Bandara Internasional Minangkabau Kembali Buka Rute Padang-Kuala Lumpur

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:38 WIB
BANDARA Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera barat resmi membuka kembali rute Padang-Kuala Lumpur,...
DOK MI.

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Pedalaman Aceh Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:29 WIB
Puluhan rumah di pedalaman Kabupaten Aceh Timur terendam banjir menyusul meluapnya air sungai akibat hujan lebat dalam sehari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya