Senin 13 Desember 2021, 21:20 WIB

Kemenhan Dorong Budidaya Stevia di Cianjur

Media Indonesia | Nusantara
 Kemenhan Dorong Budidaya Stevia di Cianjur

Dok BCLS
Perbincangan di lahan budidaya stevia.

 

DALAM meningkatkan ketahanan pangan, Kementrian Pertahanan berencana melaksanakan kegiatan atau program budidaya tanaman Stevia di lahan Bela Negara, Kampung Cipejeh, Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Stevia merupakan salah satu jenis tanaman pengganti tebu, yang tingkat kesehatannya sangat aman bagi penyakit diabetes. Lokasi yang ditentukan merupakan hasil persetujuan dari pemerintah setempat, mengingat kultur tanah di daerah tersebut sangat baik.

"Ini satu langkah dari kegiatan cadangan logistik strategis yang diisiasi Kementrian Pertahanan bertanggung jawab pada ketahanan pangan. Regulasi tentang ketahanan pangan, kegiatan pertanian sedang digalakkan dalam rangka memberikan satu nilai lebih kepada daerah setempat," kata Sekretaris Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS) Kemenhan Brigjen Yos Trioso di Cianjur, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Yos mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan langkah strategis bekerja sama dengan pemerintah daerah dan para stakeholder yang akan menjalankan kegiatan, kususnya dalam menjalankan penanaman perkebunan stevia. 

"Kami bersama anggota DPRD Kabupaten Cianjur akan segera melakukan kegiatan ini, agar terealisasi secepat mungkin. Masyarakat akan segera mungkin dapat melahirkan kegiatan yang bermanfaat bagi mereka juga bangsa dan negara," ungkap Yos seraya menambahkan lauching penanaman akan dilaksanakan pada 18 Desember 2021.

Rencana Kemenhan ini didukung Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana. Pihaknya menyambut baik program ketahanan pangan ini. "Di samping itu di Cianjur masih banyak lahan tidur dan itu dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan," kata TB Mulyana.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) H Ayep Zaki menjelaskan pihaknya mengadakan kerja sama operasional (KSO) dengan Barisan Patriot Bela Negara untuk mensukseskan program budidaya Stevia di Kabupaten Cianjur ini.

"Hal ini dilakukan untuk mensukseskan penanaman budidaya stevia. Selain itu ada 6 komoditas antara lain singkong dan porang yang masuk program ini. Bukan cuma di Cianjur, tapi Sukabumi dan seluruh kabupaten di Jawa barat yang punya lahan. Itu karena BCLS perlu tanah sekitar sejuta hektare dengan jumlah enam miliar bibit stevia," papar Ayep Zaki. (RO/O-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya