Jumat 10 Desember 2021, 18:19 WIB

Gubernur: DAS di Babel Rusak Berat

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gubernur: DAS di Babel Rusak Berat

ANTARA/Resha Juhari
Banjir di Kampung Seberang, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

 

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengakui kondisi daerah aliran sungai (DAS) di Bangka Belitung sudah rusak berat sehingga menimbulkan bencana banjir. Banjir yang terjadi hampir di seluruh kota di Kepulauan Bangka Belitung misalnya di Sungailiat, Pangkalpinang, Koba, Toboali, Mentok, Tanjungpandan hingga Manggar adalah dampak dari rusaknya DAS.

"Kita mengakui jika DAS di Babel ini sudah sangat rusak berat, dan itu salah satu penyebab banjir di kota-kota yang ada. Banjir ini adalah dampak daripada kerusakan DAS," Kata Erzaldi. Jumat (10/12).

Untuk mengantisipasi dan menyelamatkan kondisi ini, Erzaldi menyebutkan jika Kuncinya adalah dengan terus melakukan rehabilitasi atau penyelamatan terhadap lingkungan dengan cara memperbanyak menanam  pohon-pohon

Rehabilitasi dengan menanam adalah upaya kita untuk menyelamatkan aliran sungai ini. "Namun demikian, menanam ini tidak hanya sekedar menanam saja dengan mengandalkan biaya dari pemerintah," tegasnya.

Konsolidasi pentahelix dan keterlibatan stakeholder dalam rehabilitasi DAS lanjut Erzaldi turut menjadi kunci untuk mempercepat perbaikan dengan menanam kembali dan menyelamatkan DAS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Pemerintah tidak bergerak sendiri, tetapi forkopimda, TNI/Polri, termasuk mitra swasta yang bergerak di Babel terus kita ajak untuk menanam kembali sehingga membantu perbaikan DAS ini," ucapnya.

Erzaldi juga meminta agar unsur masyarakat dan kalangan umum mendukung setiap upaya penyelamatan DAS ataupun penanaman kembali di DAS sehingga aliran sungai menjadi lebih baik. (OL-15)

Baca Juga

Ist/BP Batam

Kepala BP Batam Lantik Pejabat Struktural Badan Usaha Bandar Udara dan Pelabuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:34 WIB
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pelantikan ini merupakan implementasi dari SK BP Batam Nomor 95 Tahun...
dok.ist

Sikap Petani Di Bergas Lor Curi Perhatian Ganjar

👤Haryanto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:10 WIB
ADA peristiwa tak terduga pada Peringatan Bulan Soekarno di Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, seorang petani berdiri tegak...
Ant/Mohammad Ayudha

PLTSA Putri Cempo Diuji Cobakan Hasilkan Listrik

👤Widjajadi 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:05 WIB
PROYEK Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo yang merupakan proyek pengembangan pembangkit listrik berbasis sampah di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya