Kamis 09 Desember 2021, 15:45 WIB

Banjir Rob Berhenti Menerjang Pesisir Indramayu Hari Ini

Nurul Hidayah | Nusantara
Banjir Rob Berhenti Menerjang Pesisir Indramayu Hari Ini

Antara/Dedhez Anggara.
Warga berdiri di jalanan yang terendam banjir rob di desa Eretan Wetan, Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021).

 

SETELAH sebulan menerjang, banjir pasang air laut (rob) hari ini tidak terjadi di pesisir Indramayu, Jawa Barat. Koordinator Lapangan Taruna Siaga (Tagana) Kabupaten Indramayu, Waminuddin, mengatakan itu.

"Alhamdulillah hari ini hingga pukul 11.55 WIB tidak terjadi rob," tutur Waminuddin, Kamis (9/12). Rob menerjang pesisir Indramayu, tepatnya di Desa Eretan Kulon, Eretan Wetan, Kertawinangun, dan Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, sejak 5 November 2021.

Biasanya banjir pasang air laut menerjang rumah warga dari pagi dan berangsur-angsur surut menjelang sore dan malam hari. Ketinggian air yang masuk ke rumah warga akan semakin parah saat hujan deras turun.

Sebanyak tiga rumah warga di Desa Eretan Kulon rusak akibat banjir rob. Dijelaskan Waminuddin, ketiga rumah warga yang rusak terjadi pada Selasa (7/12). 

"Ketiga rumah warga terletak di pinggir laut sehingga berhadapan langsung dengan ombak, " tutur Waminuddin. Ketiga rumah tersebut rusak setelah ombak dengan ketinggian tiga meter menerjang dan menggenangi permukiman warga hingga ketinggian 100 cm.

Selain rumah warga yang rusak, sebanyak 1.455 rumah warga di Desa Eretan Kulon terdampak banjir rob. Rumah tersebut dihuni oleh 1.530 keluarga atau 4.602 jiwa.

Sebelumnya, Bupati Indramayu, Nina Agustina Da'i Bachtiar juga mendatangi pesisir Indramayu yang diterjang banjir rob dan menawarkan kepada warga untuk pindah. Namun warga menolak sehingga segera diusulkan kembali pembangunan breakwater yang sebelumnya diusulkan ke pemerintah pusat. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Kasus Aktif Covid-19 di Batam Melonjak

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:25 WIB
Didi menyatakan dari 10 orang tambahan positif hari ini, dua orang di antaranya baru datang dari...
MI/BAYU ANGGORO

Gema Pasundan Tuntut Arteria Dahlan Diberhentikan

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:10 WIB
Arteria Dahlan telah mengingkari fakta bahwa banyak orang Sunda berperan dalam pembangunan...
Antara

Vaksinasi Anak di Sukabumi Capai 62 Persen

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:49 WIB
Pada hari ini saja, jumlah pelajar sekolah dasar yang mendapat vaksinasi dosis pertama sebanyak 7.774...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya