Selasa 07 Desember 2021, 21:09 WIB

Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Human Initiative Kerahkan Personel Tambahan

mediaindonesia.com | Nusantara
Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Human Initiative Kerahkan Personel Tambahan

Ist
Anggota tim Human Initiative (kanan) bersama aparat Polri dan TNI membawa jenazah korban erupsi Gunung Semeru.

 

AKIBAT erupsi Gunung Semeru yang masih berlangsung hingga saat ini, tercatat jumlah masyarakat terdampak mencapai hingga 5.205 jiwa.

Pada Minggu (5/12) pukul 18.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar konferensi pers perkembangan pasca-erupsi Gunung Semeru yang kedua.

Abdul Muhari selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB dalam jumpa pers mengungkapkan total warga terdampak akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 5.205 jiwa.

“Maksud dari jumlah warga terdampak di sini adalah total warga yang terdampak, baik karena guguran maupun awan panas yang tercatat di dua kecamatan. Juga akibat dari adanya debu vulkanik di delapan kecamatan,” ujarnya pada keterangan pers, Selasa (7/12).

Sebanyak 1.300 di antara sejumlah warga terdampak telah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Angka ini dinyatakan langsung oleh Suharyanto selaku Kepala BNPB Letjen TNI yang hingga kini tengah berada di lokasi.Kemudian, hingga pukul 17.30 sore ini, tercatat ada 14 korban jiwa meninggal dunia.

Adapun jumlah warga terdampak yang mengalami luka-luka sebanyak 56 orang dengan rincian 21 orang mengalami luka ringan serta 35 orang mengalami luka berat.

Respons Human Initiative 

Tim Human Initiative telah meluncur ke lokasi terdampak sesaat setelah erupsi terjadi pada Sabtu (4/12) lalu. Sedangkan, pada Selasa (7/12) pagi. tim Human Initiave telah melakukan apel pagi dan berkoordinasi dengan Bupati Lumajang dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur.

Human Initiative menerjunkan tim tambahan ke lokasi terdampak sebanyak tiga unit ambulans dan 15 personel untuk membantu pencarian korban serta evakuasi.

Selain itu, tak ketinggalan juga telah melakukan assessment wilayah dan mendistribusikan bantuan berupa makanan siap santap, masker, hygiene kit, kebutuhan dasar lainnya serta pendirian dapur air.

"Sahabat Inisiator, yuk bersama kita rangkul masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru dengan cara memberikan donasi terbaikmu ke solusi peduli," kata anggota tim Human Initiative.

Perlu diketahui bahwa Human Initiative adalah organisasi kemanusiaan yang telah berdiri sejak 1999 dan berfokus pada isu-isu kemanusiaan di bidang pemberdayaan masyarakat, program perlindungan anak, dan manajemen kebencanaan dan tanggap darurat, baik di Tanah Air maupun luar negeri.

Human Initiative sebelumnya bernama PKPU Human Initiative. Cabang Human Initiative tersebar di 13 cabang dalam negeri, dan di luar negeri yaitu di Korea Selatan, Inggris, Australia dan 11 representatif yang tersebar di beberapa negara yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Qatar, Taiwan, Turki dan Uni Emirat Arab. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...
MI/M Yakub

Tanggul Kali Ingas Jebol, 200 Hektare Padi Siap Panen Terancam Terendam

👤M Yakub 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:30 WIB
Jebolnya tanggul Kali Ingas itu, dipicu naiknya permukaan air Bengawan Solo yang berstatus hingga siaga dua...
Dok. Sahabat Ganjar

Ninja Saga, Skuad Keamanan Khusus Relawan Sahabat Ganjar 

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:05 WIB
Satuan ini berisi orang-orang terlatih baik dalam ilmu beladiri maupun prosedur pengamanan VIP. Sebagai langkah perdana pelantikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya