Selasa 07 Desember 2021, 07:45 WIB

Ridwan Kamil Pastikan Situs Bung Karno di Bandung Terawat

Basuki Eka Purnama | Nusantara
Ridwan Kamil Pastikan Situs Bung Karno di Bandung Terawat

ANTARA/Novrian Arbi
Ilustrasi--Pengunjung melihat foto presiden pertama RI Soekarno pada pameran foto dan arsip Bung Karno di Bandung, Jawa Barat.

 

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil memastikan situs-situs Presiden RI pertama Ir Soekarno atau Bung Karno di Kota Bandung terawat dan dimuliakan.

"Di Bandung ini tempat lahir gagasan-gagasan besar Indonesia. Oleh karena itu, situs-situs Bung Karno yang hadir di Kota Bandung, dari ITB , Penjara Banceuy, Penjara Sukamiskin, dan Rumah Ibu Inggit misalkan, kemudian Gedung Indonesia Menggugat semuanya saya laporkan, kami rawat, kami muliakan dengan sebaik-baiknya, dan sudah dilaporkan tadi malam," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin (6/12).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, situs-situs tersebut merupakan sesuatu yang penting agar generasi mendatang mengetahui sejarah Indonesia.

Baca juga: Generasi Muda Perlu Teladani Perjuangan Pendiri Bangsa

Dia mengatakan ada banyak situs-situs bersejarah dari sosok Bung Karno di Kota Bandung.

Misalnya, Penjara Banceuy yang menjadi saksi bisu perjuangan Bung Karno bersama masyarakat melawan ketidakadilan kepada para penjajah.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Penjara Banceuy di Jalan Banceuy merupakan penjara yang digunakan untuk menahan para pribumi yang melakukan tindakan kriminal dan tahanan politik.

Dengan terjaganya situs-situs Bung Karno, ia berharap bisa melahirkan semangat marhaenisme. Kota Bandung sendiri memiliki cerita sendiri bagi lahirnya marhaenisme. Saat itu, Bung Karno terinspirasi dari sosok Marhaen.

"Mudah-mudahan membawa semangat bahwa di kota ini nilai-nilai marhaenisme, nilai-nilai Bung Karno, tetap abadi dan menjadi inspirasi kepada pejuang pemikir dan para pemikir pejuang," ucapnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Sapi Terjangkit PMK di Cianjur Jalani Masa Karantina

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:22 WIB
TIM Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengambil langkah isolasi terhadap hewan ternak sapi yang...
dok.ist

Emak-emak Jabar Pilih Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:44 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi Presiden Indonesia di...
DOK MI.

26 Orang Hilang setelah Feri Tenggelam di Selat Makassar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:05 WIB
Pekan lalu, feri yang membawa lebih dari 800 orang kandas di perairan dangkal di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terjebak selama dua hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya