Senin 06 Desember 2021, 14:23 WIB

Temanggung Kejar Target Vaksinasi Lansia 60%

Tosiani | Nusantara
Temanggung Kejar Target Vaksinasi Lansia 60%

ANTARA
Ilustrasi - Vaksinasi Lansia

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah saat ini tengah berupaya keras mengejar target capaian vaksinasi covid-19 sebesar 60 persen untuk kalangan lanjut usia (lansia). Hal itu dilakukan agar daerah itu bisa segera mencapai status PPKM level 1.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Kristi Widodo mengatakan, cakupan vaksinasi Covid-19 untuk usia beresiko perlu ada peningkatan. Saat ini capaian vaksinasi untuk lansia masih di angka 58,18 persen.

Baca juga: 15 Warga Meninggal Dunia dan 27 Orang Hilang Akibat Erupsi Semeru

Sedangkan untuk mencapai level I, cakupan vaksinasi lansia minimal 60 persen. Jumlahnya diperkirakan sekitar 950 orang.

"Temanggung masih kurang 2 persen untuk cakupan vaksinasi lansia, sehingga dipacu agar setidaknya satu minggu ke depan bisa 60 persen," kata Kristi, Senin (6/12).

Menurut dia, jika tercapai target 60 persen vaksinasi covid untuk lansia, maka Temanggung sudah masuk pada PPKM level 1. Namun karena belum mencapai itu, meski indikator lain sudah memenuhi, maka daerahnya tetap pada status PPKM level 2.

Kristi melanjutkan, untuk mencapai target tersebut, ia meminta seluruh petugas vaksinasi di lapangan agar berkonsentrasi memberikan vaksinasi pada lansia dosis pertama dan kedua. Apalagi lansia masuk kelompok rentan, sehingga sangat diprioritaskan.

Ia mengakui ada banyak tantangan untuk memberikan vaksinasi pada lansia. Antara lain adanya komorbid seperti faktor tekanan darah meningkat di atas toleransi, sehingga beresiko ketika divaksin. Kendala lain, jarak yang jauh antara tempat tinggal dengan titik vaksinasi yang berada di Puskesmas atau tidak ada orang yang mengantar.

"Belum adanya edukasi yang benar terkait vaksin yang tidak jarang lansia tidak mau divaksin," katanya.

Atas kondisi itu, Dinkes Temanggung berupaya mempercepat vaksinasi pada lansia, terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (nataru). Dengan demikian akan segera terbentuk antibodi pada Covid-19 di tubuh lansia dan terbentuk kekebalan komunitas. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Bencana Hidrometeorologi Ancam Empat Wilayah di Selatan Jateng

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:51 WIB
DALAM dua hari mendatang, empat kabupaten di wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan terancam bencana...
DOK Pribadi.

Sejumlah Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan di Badung Bali

👤Ruta Suryana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:42 WIB
Masih di lokasi yang sama juga, pohon akasia setinggi 15 meter dengan diameter 80 cm juga tumbang yang sempat menutupi badan jalan sebelum...
MI/Djoko Sardjono.

Lecehkan Penyanyi Dangdut, Bento Ditangkap Polres Klaten

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:22 WIB
Bento saat ditanya pers mengatakan bahwa ia tidak sengaja melecehkan dan memukul penyanyi dangdut yang tengah menghibur tamu di acara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya