Rabu 01 Desember 2021, 21:08 WIB

Seks Menyimpang Picu Ledakan Kasus HIV/AIDS di Klaten

Djoko Sardjono | Nusantara
Seks Menyimpang Picu Ledakan Kasus HIV/AIDS di Klaten

DOK MI
Ilustrasi

 

LEDAKAN kasus HIV/AIDS (human immunodeficiency virus/acquired immunodeficiency syndrome) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah disebabkan perilaku seks menyimpang. Hal itu diungkapkan Amin Bagus Panuntun, pegiat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Klaten, pada talkshow (tayang bincang) di RSPD Klaten, Selasa (30/11). Acara ini digelar ini dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia.

Menurut Amin, sejak 2007 sampai Oktober 2021, warga Klaten yang masuk kategori orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan pernah dirawat sebanyak 1.147 orang. Kemudian, 49 ibu hamil yang mengidap HIV. ODHA yang menjalani terapi ART (antiretroviral therapy) tercatat sebanyak 383 orang, ODHA Lost Follow Up (LFU) atau perawatan 294 orang, ODHA rujuk keluar 53 orang, dan meninggal dunia 153 orang.

Ledakan kasus HIV/AIDS akibat homoseksual perlu mendapat perhatian. Orang tua pun harus mengawasi anak-anaknya yang laki agar tidak terjebak dalam homoseksual.

"Selain itu, peran tokoh agama agar dimaksimalkan untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat. Sehingga, penyimpangan seksual di kalangan anak laki-laki dapat dieliminasi atau ditekan," jelasnya.

Sementara itu, Fauzi Rifai yang juga pegiat KPA Klaten mengatakan, kunci agar masyarakat terhindar dari HIV/AIDS, yakni setia pada pasangan bagi yang sudah menikah. "Selain itu, untuk pencegahan tidak melakukan seks berisiko, melakukan tes HIV/AIDS di puskesmas atau rumah sakit, serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Medcom.id/M Rizal

Laka Lantas di Ende, Dua Tewas dan 12 Orang Terluka

👤Gabriel Langga 🕔Senin 23 Mei 2022, 10:00 WIB
Sopir membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi sehingga mobil yang dikemudikan bersangkutan keluar jalur ke kiri dan terbalik di halaman...
.

Keterangan Saksi Adalah Fakta Persidangan

👤RO/Micom 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:41 WIB
Firul menyebut PT SKK melakukan transaksi under invoice nilai...
MI/Apul Iskandar

Ekspor CPO Kembali Dibolehkan, Polda Sumut Perketat Awasi Distribusi Minyak Goreng

👤Apul Iskandar 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:00 WIB
Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengajak semua pihak khususnya di Sumatera Utara untuk mendukung kebijakan strategis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya