Minggu 28 November 2021, 19:20 WIB

Banjir Rendam Ribuan Rumah Dan Jalur Pantura Kendal

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir Rendam Ribuan Rumah Dan Jalur Pantura Kendal

Medcom
Ilustrasi

 

BENCANA banjir melanda Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ribuan rumah di sembilan kelurahan terendam. Banjir juga membuat jalur pantura Semarang-Pekalongan terhambat akibat ketinggian air mencapai 20 cm-50 cm.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (28/11) jalur pantura Semarang Pekalongan mengalami ketersendatan hingga beberapa kilometer, ratusan kendaraan berukuran kecil dan sedang terpaksa dialihkan ke jalur alternatif, karena banjir merendam jalan nasional di Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal.

Ketinggian banjir merendam jalur pantura dan sembilan kelurahan di kecamatan tersebut seperti Kebundalem, Pagulon, Trompo, Patukangan, Langengharjo, Balok, Ngilir, Bandengan dan Karangsari setinggi 20 cm-50 cm.

"Hujan dikawasan ini tidak terlalu lebat saat ini, namun tiba-tiba banjir merendam jalan dan masuk ke dalam rumah penduduk hingga setinggi 20 saentimeter," kata Furqon,48, warga Pagulon, Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal.

Hal serupa diungkapkan Ashar,52, pengemudi bus wisata bahwa sejak sore antrean kendaraan terutama dari arah Jakarta tersendat cukup panjang karena memasuki Kota Kendal kendaraan hanya berani berjalan pelan akibat badan jalan tertutup air setinggi hingga 50 sentimeter.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Iwan Sulistyo mengatakan banjir melanda daerah ini terjadi tidak hanya akibat hujan lebat, tetapi pada saat bersamaan sekitar pukul 14.00 WIB juga terjadi air laut pasang (rob) hingga menjadikan beberapa sungai meluap.

"Kami sudah turunkan petugas untuk melakukan pemantauan dan bersiaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan, jika kondisi banjir semakin tinggi maka kami akan lakukan evakuasi terhadap warga yang terancam jiwanya," ujar Iwan Sulistyo. (OL-15)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...
Dok Kementan

Bawang Merah di Jayapura Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:30 WIB
Bawang merah antar pulau diambil dengan harga Rp6 ribu-Rp 70 ribu/kg namun kondisinya masih kotor sehingga harus dibersihkan terlebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya