Minggu 28 November 2021, 18:20 WIB

Cilacap Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Liburan Nataru

Lilik Darmawan | Nusantara
Cilacap Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Liburan Nataru

DOK MI
Ilustrasi

 

TIM khusus yang terdiri dari personel gabungan Pemkab Cilacap, kepolisian, TNI dan unsur lainnya dibentuk dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sekaligus penerapan PPKM Level 3. Selain itu, juga dibangun posko-posko pengamanan di sejumlah lokasi. Kebijakan itu dilaksanakan supaya tidak ada gejolak kasus covid-19 pasca-Nataru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap Farid Ma'ruf mengatakan Pemkab Cilacap bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) telah menyelenggarakan rapat pengamanan Nataru sekaligus pengawasan PPKM Level 3 yang mulai diberlakukan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Kami minta supaya saat perayaan Natal maupun tahun baru, masyarakat berada di rumah masing-masing. Tidak juga menyalakan kembang api," kata Sekda, Sabtu (27/11).

Imbauan serta larangan tersebut dilakukan guna menegakkan aturan PPKM Level 3. Sehingga diharapkan pasca-Nataru tidak ada gejolak kasus.

"Saat sekarang di Cilacap, hanya terdapat 6 kasus positif. Karena itu, harus dijaga, supaya tidak ada kenaikan lagi. Momentum ini perlu terus dipertahankan dan harus ditekan kasusnya, hingga nol kasus," ujarnya.

Sementara Kapolres Cilacap Ajun Komisaris Besar Eko Widiantoro menegaskan pembatasan-pembatasan akan ditingkatkan pada perayaan Nataru. Diantaranya dengan penerapan PPKM kembali ke level 3, meskipun saat ini Cilacap sudah pada level 2.

"Penerapan PPKM Level 3 untuk membatasi warga yang bepergian keluar kota  seperti mudik maupun ke tempat wisata, sehingga lonjakan kasus Covid-19 bisa dicegah," tegasnya.

Polres Cilacap bersama pihak lainnya akan menempatkan personel di sejumlah lokasi. Yakni mulai di Pos Terpadu Alun-Alun Cilacap, Pos Pelayanan Terminal, Pos Pengamanan Mergo, Pos Pengamanan Sampang, Pos Pengamanan Stasiun Ka Kroya, Pos Pengamanan Wisata di Teluk Penyu serta Benteng Pendem. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Sumut Bentuk Satgas Cegah Meluasnya Penularan PMK

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:53 WIB
GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rabu (29/6) menyatakan akan membentuk Satgas Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) karena penularan penyakit...
MI/Depi Gunawan

Waspadai Sesar Lembang, Desa Kayuambon Bentuk Relawan Tanggap Bencana

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:51 WIB
Sekretaris Desa Kayuambon Rohendi menyebutkan jarak dari zona sesar Lembang ke wilayahnya hanya sekitar 1 kilometer. Bila sesar itu...
ANTARA/Syaiful Arif

Temanggung Berangkatkan 140 Jemaah Calon Haji Hari Ini

👤Tosiani 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:45 WIB
Kabupaten Temanggung pada tahun ini memberangkatkan 280 orang JCH. Mereka terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 39 sebanyak 140 jemaah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya