Kamis 25 November 2021, 07:20 WIB

Stakeholder Bandara Ngurah Rai Gelar Pelatihan Penanganan Insiden

Arnoldus Dhae | Nusantara
Stakeholder Bandara Ngurah Rai Gelar Pelatihan Penanganan Insiden

MI/Arnold
Personil gabungan di Bandara Ngurah Rai menggelar simulasi dan pelatihan penanganan berbagai insiden, Kamis (25/11/2021).

 

RATUSAN personil di Bandara Ngurah Rai Bali menggelar pelatihan modular exercise, untuk peningkatan kualitas dan kemampuan dalam menangani berbagai insiden yang terjadi. Latihan ini bertujuan melatih dan menguji kemampuan serta kesigapan seluruh personil ketika terjadi suatu keadaan darurat di bandara.

Melibatkan seluruh stakeholder terkait yang termasuk dalam komite keselamatan bandara, yakni selain dari PT Angkasa Pura I selaku tim pelaksana Modular Exercise juga melibatkan BASARNAS, BPBD Denpasar, Pangkalan TNI AU, Unsur Kepolisian,  Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung, Airnav Indonesia, serta unsur kesehatan dan rumah sakit sekitar bandara.

"Pada hari ini kami melakasanakan latihan Modular Exercise untuk melatih dan menguji kemampuan  personil yaitu latihan terkait penanganan kecelakaan pesawat (Aircraft Accident) dengan bersinergi bersama anggota komite keselamatan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali," ujar Herry A.Y. Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara
Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (25/11).

Pada Latihan Modular Exercise, dijelaskan Herry, mensimulasikan kecelakaan pesawat udara Jalak Bali Airlines registrasi PK-JBL yang akan terbang menuju Lombok Praya mengalami bird strike pada engine 2 sehingga menyebabkan pesawat jatuh di area perairan Teluk Benoa pukul 14.00 WITA dan terdapat korban sebanyak 114 orang penumpang termasuk air crew, secara rinci 96 orang selamat, 2 meninggal dunia, 8 orang mengalami luka berat, 6 orang luka sedang dan luka ringan

Ia berharap semua yang terlibat dalam simulasi ini dapat berperan sesuai fungsinya masing-masing, sehingga jika terdapat kesalahan atau kekurangan dapat dievaluasi kembali setelah dilakukan latihan ini. Tujuannya agar dengan komitmen kedepan para personil sudah siap dan terlatih dengan baik. Untuk keadaan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai- Bali. selama berlangsungnya Latihan Modular Exercise tidak menggagu operasional dan Layanan penerbangan tetap berjalan normal sesuai dengan jadwal penerbangan.

Dalam komitmen kami melayani Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah memperoleh penghargaan Zero Accident Award atau Kecelakaan Nihil tahun 2021 dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atas prestasinya dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja yang terhitung sejak 1 Januari 2015 sampai dengan 31 Desember 2020. (OL-13)

Baca Juga: Mensos Minta Lima Daerah di Kalteng Petakan Daerah Rawan Banjir

Baca Juga

DOK MI

Kawanan Perampok Bank Di Karawang Pernah Beroperasi Di Luar Negeri

👤Naviandri 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:47 WIB
KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) meringkus komplotan  perampok yang membawa kabur uang ratusan juta milik bank swasta di...
MI/BAYU ANGGORO

Lupakan Sejarah Kelam, Jawa Barat dan DI Yogyakarta Gelar Malam Budaya

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:35 WIB
Malam budaya merupakan simbol tertinggi dari persahabatan kedua...
Dok. Sahabat Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar Bali Gelar Konsolidasi 

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:32 WIB
Menurut dia konsolidasi juga untuk memastikan mesin relawan Sahabat Ganjar pada pemilihan presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya