Jumat 19 November 2021, 16:30 WIB

Sungai Batang Hari Leko Meluap, Sejumlah Dusun Di Muba Banjir

Dwi Apriani | Nusantara
Sungai Batang Hari Leko Meluap, Sejumlah Dusun Di Muba Banjir

Medcom
Ilustrasi

 

HUJAN deras yang mengguyur beberapa hari terakhir membuat Sungai Batang Hari Leko di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meluap. Akibatnya, tiga dusun di Desa Petaling, Kecamatan Lais, Muba, terendam.

Sebanyak 390 kepala keluarga (KK) terdampak banjir dan harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. "Tinggi banjir mencapai 197 sentimeter dari titik terendah di akses jalan sekitar 78 sentimeter," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Jumat (19/11).

Selain faktor luapan sungai dan hujan, banjir yang terjadi di kawasan Lais juga dipicu rendahnya pemukiman warga di dekat sungai. Hal inilah yang membuat air cepat memasuki kawasan perkampungan.

"Sebenarnya masyarakat masih bisa beraktivitas. Tim gabungan di lapangan memberikan bantuan perahu untuk evakuasi warga setempat dan anak-anak sekolah, agar bisa melewati banjir," jelas dia.

Mengingat curah hujan cukup tinggi, tim memberikan imbauan kepada masyarakat setempat agar lebih mewaspadai potensi peningkatan debit air sungai. Warga diingatkan agar tidak berada di dekat sungai.

"Pemerintah Kabupaten Muba melalui tim di lapangan memberikan bantuan berupa beras. Terlebih tim tetap stand by di lokasi untuk memantau kondisi banjir," jelas dia.

Menurut Ansori, beberapa permintaan warga telah disampaikan oleh aparatur desa. Tim reaksi cepat akan segera mengoordinasikan bantuan selanjutnya.

"Perangkat Desa menyampaikan beberapa bantuan yang sangat diharapkan masyarakat setempat, yaitu berupa paket sembako, air bersih, persiapan obat-obatan, dan bantuan lainnya," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Aktivitas PN Depok Dihentikan hingga Akhir Januari karena Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:50 WIB
PENGADILAN negeri (PN) Kota Depok menghentikan sementara semua pelayanan dan aktivitasnya hingga akhir Januari, karena hakim, pegawai dan...
MI/Gabriel Langga

Bupati Sikka Sedih Ada Diskriminasi di Pelayanan di Rumah Sakit

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:45 WIB
"Di rumah sakit saja ada diskriminasi. Saya kunjungi rumah sakit itu saya merasa sedih. Pasien orang miskin tidur di kamar yang...
Ant/Ernes Broning Kakisina

Tawuran Dua kelompok Warga di Sorong Belasan Orang Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:47 WIB
PERTIKAIAN dua kelompok warga di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa (25/1) dini hari mengakibatkan belasan orang meninggal dunia,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya