Kamis 11 November 2021, 10:45 WIB

Menhub : Penerbangan Komersial Perdana Bandara Ngloram pada 26 November

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Menhub : Penerbangan Komersial Perdana Bandara Ngloram pada 26 November

MI/Ahmad Safuan
Landasan pacu Bandara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora, Jateng diperpanjang agar pesawat berbadan besar bisa mendarat.

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Bandara Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah akan membuka penerbangan komersial pertama pada, Jumat (26/11).

“Rencananya maskapai Citilink yang akan melakukan penerbangan perdana,” kata Menhub dalam keterangannya saat meninjau Bandara tersebut, Rabu (10/11).

Dia pun mengecek kesiapan sejumlah fasilitas bandara, baik di sisi udara seperti landasan pacu, pagar pengaman, mobil pemadam kebakaran. Lalu pengecekan di sisi darat seperti, bangunan terminal penumpang, dan fasilitas lainnnya.

“Saya sudah lihat tadi bangunan terminalnya indah sekali. Insyaallah pada saatnya nanti sudah beroperasi, dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, pemerintah tengah membangun konektivitas di daerah-daerah maupun kota-kota kecil di Pulau Jawa, salah satunya dengan membangun bandara yang bisa didarati pesawat jenis ATR-72.

“Contohnya dari Jakarta – Cepu, Jakarta – Cilacap, atau Jakarta – Pangandaran bisa ditempuh lebih cepat menggunakan pesawat. Ini membuat konektivitas lebih pasti dan pengembangan di daerah juga lebih merata,” tuturnya.

Bandara Ngloram mulai dibangun oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara sejak 2018 hingga 2021. Sebelumnya bandara itu milik PT Pertamina yang dibangun untuk menunjang operasional perusahaan dan sudah tidak beroperasi lagi sejak 1984.

Bandara Ngloram memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1500 x 30 meter (m), taxiway 142 x 23 m, Apron 90 x 60 m dan Terminal Penumpang seluas 3.526 m². (OL-13)

Baca Juga: Penerbangan Komersial Perdana Ngloram-Halim Dimulai Akhir ...

Baca Juga

dok.ist

Warga Desa di Kalteng Nyatakan Dukungan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:35 WIB
RATUSAN masyarakat Kalimantan Tengah yang tergabung dalam Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kalteng mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah,...
ANTARA

PT KAI Daop 3 Cirebon Tambah Jadwal KA Argo Cheribon

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:15 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, yang biasanya mengoperasikan kereta api (KA) Argo Cheribon dua kali sehari,...
DOK MI

Kasus PMK Telah Menyebar Di 20 Kabupaten/Kota Di Jabar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
2.816 hewan ternak berkuku belah seperti sapi potong, sapi perah, domba dan kambing di Jawa Barat tertular virus yang menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya