Selasa 09 November 2021, 11:01 WIB

Buka Gerakan Humanesia, Dompet Dhuafa Gelar Community Festival 2021

mediaindonesia.com | Nusantara
Buka Gerakan Humanesia, Dompet Dhuafa Gelar Community Festival 2021

Ist
Dompet Dhuafa menggelar Community Festival 2021 #BeraniBaik di Kawasan Terpadu Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat.

 

DOMPET Dhuafa memberikan apresiasi kepada berbagai komunitas yang telah berkontribusi dalam donasi kemanusiaan.

Menggelorakan Nilai kepedulian kebaikan, Dompet Dhuafa menggelar Community Festival 2021 #BeraniBaik di Kawasan Terpadu Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan kemanusiaan yang melibatkan komunitas di se-Jabodetabek dari berbagai kalangan untuk turut berperan aktif dalam membantu sesama melalui Dompet Dhuafa, Minggu lalu.

Dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11), disebutkan banyaknya permasalahan yang kerap kali terjadi di penghujung tahun menginisiasi Dompet Dhuafa melakukan gerakan Humanesia dengan mengusung semangat #BeraniBaik.

Pada Tahun 2021, Dompet Dhuafa mengusung jargon #BeraniBaik yang merupakan sebuah pesan mengajak masyarakat khususnya kaula muda untuk berani memulai, berani bertindak, dan berani dalam berbuat kebaikan, mulai dari sekeliling dan terdekat.

Community Festival 2021 ini juga merupakan penanda kick-off kampanye Humanesia dari Dompet Dhuafa dengan semangat bersama untuk sesama.

Beragam program seperti Para Tangan Tangguh berupa bantuan modal usaha guna menguatkan keluarga dan bagi mereka yang terdampak Covid-19, khususnya kalangan penyandang disabilitas pemimpin keluarga.

Kemudian kado akhir tahun sebagai dukungan kebangkitan masyarakat duafa yang terdampak pandemi. Serta, hangatkan jiwa dan raga warga Palestina sebagai kepedulian kepada mereka.

Kegiatan ini dikemas dengan penuh kemeriahan dan tetap mematuhi protokol kesehetan, mengingat kewaspadaan datangnya gelombang pandemi berikutnya. Berbagai macam penampilan menghiasi acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. 

Seperti talk show dengan salah satu Super Volunteer Dompet Dhuafa yaitu Chiki Fawzi bersama Yudha Andilla selaku Manager Retail Fundraising Dompet Dhuafa, Udhi Tri Kurniawan sebagai Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, dan Bobby P. Manullang selaku General Manajer Wakaf Dompet Dhuafa.

"#BeraniBaik adalah berani berbuat kebaikan sekecil apapun dengan paket pengorbanannya masing-masing. Walaupun belum bisa yang besar jangan berkecil hati, karena ternyata melakukan kebaikan juga bisa dengan kolaborasi kolosal," jelas Chiki Fawzi

"Seperti wakaf yang hanya Rp 10.000 di Dompet Dhuafa, jika dilakukan oleh 1 (satu) juta orang akan menjadi rumah sakit yang manfaat dan pahalanya akan terus mengalir," ujar Chiki.

"Dompet Dhuafa sudah menyajikan begitu banyak kemudahan. Takut uang terkuras banyak, donasi hanya 10.000 saja. Malas ke ATM untuk transfer, sudah ada barcode, QRS, atau donasi.tabungwakaf.com kalau mau berwakaf. Jadi yang terpenting adalah niat dan kepeloporan, artinya mengalahkan rasa takut atas diri sendiri," jelas Bobby.

Pengujung tahun dipilih sebagai momentum pelaksanaan Humanesia, mengingat akhir tahun menjadi waktu rawan terjadinya bencana alam terutama yang disebabkan curah hujan tinggi maupun pergantian siklus alam lainnya. 

Diharapkan tidak adan bencana yang terjadi khususnya di Indonesia. Akan tetapi Humanesia akan terus bergulir untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya kebaikan untuk ditularkan kepada mereka yang membutuhkan.

"#BeraniBaik itu berani untuk memulai dari diri sendiri dan berpikir luas bahwa jangan masuk surga sendirian. #BeraniBaik untuk mengambil keberkahan diawal dan untuk memancing keberkahan dikedepannya," jelas Yudha.

"Jadi dengan konsep berbagi memanfaatkan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa atau platform seperti TabungWakaf.org, JadiBaik.org, dan pihak lainnya harapannya bisa bisa dimaksimalkan untuk selalu bisa tumbuh dan mengajak kebaikkan-kebaikan di lingungkan kita setidaknya seperti itu," kata Yudha.

Beberapa penampilan dari komunitas turut meramaikan semaraknya acara seperti Silat Jampang, Stand Up Comedy, Bogor Beatles Society, Opini Kustik, EmPang, hingga Kempoters.

Selain itu ada juga kesiap siagaan dalam respons kemanusiaan dan kebencanaan dari Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang di kemas dalam campaign Indonesia Siap Siaga sebagai langkah antisipasi maupun respon cepat dari peristiwa di Indonesia maupun mancanegara. (RO/OL-09)

"Bukan hanya niat, bukan hanya rencana, tetapi berani melakukan lalu efeknya adalah kebaikan. Karena yang kita gaungkan adalah BeraniBaik, lalu dari semangat BeraniBaik itu lahir perbuatan baik, maka pasti adalah kebaikan. Dampak kebaikan tidak hanya untuk diri kita sendiri, akan tetapi dampak kebaikan untuk orang lain," jelas Udhi di kesempatan yang sama.


Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum duafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial.

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Aktivitas PN Depok Dihentikan hingga Akhir Januari karena Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:50 WIB
PENGADILAN negeri (PN) Kota Depok menghentikan sementara semua pelayanan dan aktivitasnya hingga akhir Januari, karena hakim, pegawai dan...
MI/Gabriel Langga

Bupati Sikka Sedih Ada Diskriminasi di Pelayanan di Rumah Sakit

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:45 WIB
"Di rumah sakit saja ada diskriminasi. Saya kunjungi rumah sakit itu saya merasa sedih. Pasien orang miskin tidur di kamar yang...
Ant/Ernes Broning Kakisina

Tawuran Dua kelompok Warga di Sorong Belasan Orang Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:47 WIB
PERTIKAIAN dua kelompok warga di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa (25/1) dini hari mengakibatkan belasan orang meninggal dunia,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya