Jumat 05 November 2021, 21:30 WIB

Aplikasi Giwang Sumsel Permudah Wisatawan Kenali Potensi Musi Banyuasin

Dwi Apriani | Nusantara
Aplikasi Giwang Sumsel Permudah Wisatawan Kenali Potensi Musi Banyuasin

MI/DWI APRIANI
Plt Bupati Muba Beni Hernedi dan Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Selatan Aufa Syahrizal seusai menandatangani kerja sama

 


PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin menjalin kesepakatan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan untuk pemanfaatan Aplikasi Genta Informatif Wisata Andalan yang Nyaman dan Gempita (Giwang) Sumsel.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Plt Bupati Muba Beni Hernedi dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Aufa Syahrizal, di Ruang Rapat Bupati Muba, Jumat (5/11).

Aplikasi Giwang Sumsel merupakan media untuk penyebaran informasi terkait potensi budaya dan wisata yang ada di Sumatra Selatan khususnya di Muba. Pemanfaatannya diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi menyambut baik kerja sama tersebut. "Selain potensi budaya dan kearifan lokal Muba memiliki sumber daya alam yang unik. Dengan luas wilayah 14.265 kilometer persegi terdapat banyak potensi wisata. Selain danau, kami juga memiliki 968
anak sungai, serta Suaka Margasatwa Dangku dan Bentanyan," paparnya.

Aplikasi Giwang, lanjutnya, dibutuhkan daerah. "Ini nanti jadi ruang pamer Muba untuk mudah dikenal dan diakses. Karena Kami sudah
punya karakter yang akan kami jual terutama potensi yang ada."

Beni menambahkan pada periode kepemimpinannya Pemkab Muba terus berupaya menyeimbangkan pembangunan dengan lingkungan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Daya saing daerah memang harus kami tingkatkan terus. Namun di samping itu kami juga mempertahankan jangan sampai merusak lingkungan agar Muba ini lestari. Pariwisata menjadi pemicu utama kami dalam mewujudkan Green Government," jelas Beni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan Aplikasi Giwang yang diluncurkan Gubernur Herman Deru pada 19 Juni 2021 lalu sudah diakui Kementerian Pariwisata.

"Sumsel ini memiliki potensi wisata yang perlu kita informasikan ke luar, sehingga wisatawan mau datang, khususnya ke Muba. Dengan adanya informasi itu pasti berdampak pada peningkatan ekonomi kerakyatan, seperti hotel, kuliner, hingga UMKM. Jadi semuanya bisa kita angkat. Semua bisa kita informasikan melalui Aplikasi Giwang," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Muba M Fariz
menyampaikan bahwa aplikasi Giwang Sumsel dikolaborasikan dengan daerah. "Kami mohon bantuan juga aplikasi ini digaungkan juga pada kegiatan Pesona Indonesia pada 30 November di Stable Berkuda Sekayu," pungkasnya. (N-2)

Baca Juga

Ant/Nyoman Hendra Wibowo

Limbah Sisa Makanan di Bali Rata-Rata 150 Kilo Perhari/TPS

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:00 WIB
LIMBAH makanan di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) di Denpasar berkisar antara 115 kg-184,67 kilogram per-TPS...
dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya