Selasa 02 November 2021, 19:35 WIB

Siswa SMP Brighton Depok wakili Jawa Barat di Kompetisi Sains Nasional bidang IPS 

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Siswa SMP Brighton Depok wakili Jawa Barat di Kompetisi Sains Nasional bidang IPS 

Dok. Pribadi
SMP Brighton

 

SISWA SMP Brighton Depok, Judika Christian Sinambela, berhasil lolos dalam dua tahap penyisihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 dan berhak melaju ke KSN tingkat Nasional di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mewakili Provinsi Jawa Barat. 

Sebelumnya, pada tahap pertama, Judika berhasil menduduki peringkat 5 besar se-Kota Depok dan mewakili Depok di KSN tingkat Provinsi Jawa Barat. Sementara pada tahap kedua, di KSN tingkat Provinsi Jawa Barat, Judika sukses lolos bersama 6 siswa-siswi dari kota-kota lain di Jawa Barat. 

Kesuksesan Judika dalam gelaran KSN tahun ini adalah buah kerja kerasnya dan bimbingan dari Ignatius Widi Nugroho, guru pembimbing Judika di sekolahnya yang membantu mempersiapkan keikutsertaannya dalam KSN secara intensif sejak beberapa bulan menjelang babak penyisihan tahap pertama dilaksanakan. 

“Ini tahun kedua Judika di dalam Social Studies Club (Ekstrakurikuler Olimpiade IPS) di SMP Brighton yang setidaknya sepekan sekali mengadakan pertemuan virtual untuk membiasakan dan membahas soal-soal KSN, melatih penyusunan dan mempresentasikan argumen atau ide, serta menggali berbagai macam hal-hal menarik dalam cabang-cabang ilmu pada bidang studi IPS,” ujar Pak Eagen, sapaan akrab Ignatius. 

Bersama gurunya, Judika membekali diri, mulai dari mempelajari materi olimpiade dan soal-soal KSN dari tahun-tahun sebelumnya, melatih pemahaman dan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal olimpiade, hingga membaca dan melakukan riset-riset di waktu luangnya. 

Di samping itu, Judika juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok dalam menghadapi KSN tingkat Provinsi. Siswa kelas 9 yang juga mengetuai Ekstrakurikuler Olimpiade IPS di SMP Brighton itu mendapatkan kesempatan belajar bersama siswa/i peringkat 5 besar KSN tingkat Kota Depok di bawah bimbingan Gunawan, guru dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS yang diutus Disdik untuk membekali seluruh siswa dalam kontingen KSN Kota Depok di bidang IPS. 

“Meskipun pembinaan hanya berlangsung empat hari, namun Saya mendapatkan pengalaman yang menarik karena bisa belajar bersama murid-murid bertalenta”, papar Judika. 

Baca juga : Dukung Pendidikan Berkualitas, Astra Serahkan Hibah Gedung Science & Techno Park ITB

Ia mengaku persiapan-persiapan tersebut mampu membuatnya menjaga fokus, meskipun dirinya masih merasa gugup ketika lomba berlangsung. 

Kebahagiaan dan kebanggaan tidak hanya dirasakan Judika dan pembimbingnya. Apollo Sinambela, ayah dari Judika, mengaku senang dengan pencapaian putranya, bisa bersaing dalam KSN. Apollo mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung putranya dalam mengikuti KSN. 

Ia mengaku pencapaian ini bukan hanya karena kemampuan Judika semata, tetapi karena bimbingan dari guru maupun pembinanya. 

“Kualitas pengajaran dan bimbingan terhadap siswa terus ditingkatkan sehingga siswa bisa bersaing dalam persaingan yang lebih kompetitif sebagai bekal masa depan bagi anak kami dan juga bagi teman yang lain,” tutupnya. 

KSN adalah kompetisi sains nasional yang diselenggarakan oleh Puspernas (Pusat Prestasi Nasional) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kompetisi ini dikategorikan menjadi tiga mata pelajaran, IPA (Ilmu Pengetahuan), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Matematika. 

Melansir kemdikbud.go.id, KSN tingkat nasional akan dilaksanakan pada November 2021. Peserta berjumlah 245 siswa untuk setiap bidang lomba dengan rincian 70 siswa berasal dari peserta terbaik peringkat nasional dan juga 175 siswa yang berasal dari perwakilan 34 Provinsi serta perwakilan Sekolah Indonesia di luar negeri. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Ardi.

PKL di Teras Malioboro Bebas Retribusi selama Setahun

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:55 WIB
Selain Teras Malioboro 1 di seberang Pasar Beringharjo, PKL Malioboro juga direlokasi di samping Gedung DPRD...
MI/Widjajadi.

12 Kasus Positif Covid-19 Timpa SMA Warga Solo

👤Widjajadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:43 WIB
DKK (Dinas Kesehatan Kota) menyatakan hasil tes PCR keluar pukul 20.30 WIB. Hanya seorang guru yang dinyatakan...
MI/DJOKO SARDJONO

Siswa Positif Covid-19, Dua Sekolah di Klaten Ditutup Sementara

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:25 WIB
Kedua siswa yang terkonfirmasi positif virus korona itu kini telah menjalani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya