Minggu 31 Oktober 2021, 17:58 WIB

Takalar Didorong Jadi Gerbang Utama Komoditas Pertanian

Lina Herlina | Nusantara
Takalar Didorong Jadi Gerbang Utama Komoditas Pertanian

ANTARA
Ilustrasi

 

SEKTOR pertanian dinilai sangat menjanjikan terlebih saat ini, pertanian sudah semakin maju dan modern. Bahkan, pemerintah sedang berupaya membuka akases pasar dunia yang lebih luas lagi. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo saat berada di Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel.

Mentan mendorong Takalar agar menjadi gerbang utama komoditas kelapa, jeruk, padi, dan jagung untuk memenuhi kebutuhan Indonesia bagian timur. "Dari Takalar, urusan kita di Sulawesi untuk sektor pertanian bisa selesai, jika semua desa menjadi komoditas pertanian itu," seru Syahrul.

Dia menyebut, pertanian itu hanya 100 hari. "Artinya 100 hari sudah bisa kita lihat hasilnya. Kalau kita tanam padi sekarang, tanam jagung sekarang tiga bulan kemudian sudah bisa panen," sebut Syahrul.

"Kita harus bisa survive karena cuma pertanian yang menyangga dua tahun ekonomi Indonesia. Sektor pertanian tumbuh 16,2%," sambung mantan Gubernur Sulsel ini.

Karenanya, Kementan juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap jutaan petani milenial. Mereka dilatih cara mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta dilatih membuka market pasar yang lebih luas.

"Namun perlu diingat juga, harus ada tanggung jawabnya pak, harus ada CPCL (calon petani calon lahan). Dan semua boleh masuk. NTT boleh, Flores boleh, Sulawesi boleh bahkan Papua juga boleh," tegas Syahrul. (OL-15)

 

Baca Juga

Instagram

Keluarga Harap Jenazah DJ Indah Cleo Cepat Teridentifikasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:45 WIB
DJ Indah Cleo merupakan salah satu 17 korban tewas dalam pembakaran Karaoke Double O di Kota Sorong, Papua Barat, 25 Januari...
MI/Agus Utantoro

BNNK Sleman Tangkap Pengecer Narkoba di Desa Bersih Narkoba

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:17 WIB
BNN Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pria berinisial TAU, warga Mlati, Sleman, karena kedapatan menyimpan puluhan...
dok.Ant

Kasus Covid-19 Kota Semarang dan Pekalongan Muncul Lagi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:00 WIB
KASUS covid-19 Kota Semarang muncul lagi hingga capai 30 kasus dan Kota Pekalongan empat kasus baru, setelah cukup lama zero...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya