Kamis 28 Oktober 2021, 19:09 WIB

Siklon Tropis Malou Picu Hujan Deras Di Banyumas Dan Cilacap

Liliek Dharmawan | Nusantara
Siklon Tropis Malou Picu Hujan Deras Di Banyumas Dan Cilacap

ANTARA
Ilustrasi

 

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) akibat adanya siklon tropis Malou dan bibit siklon di belahan bumi utara. Siklon tersebut menyebabkan belokan angin di wilayah Jateng. Dampaknya, wilayah Banyumas dan Cilacap terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wijonardi mengatakan bahwa hujan deras telah diprediksikan BMKG sebelumnya. "Ada beberapa daerah di Cilacap yang mengalami banjir bandang dan longsor. Hal itu terjadi karena adanya luapan sungai. Di Desa Limbangan, Kecamatan Wanareja, ada 200 rumah yang sempat terendam. Selain itu, ada 60 rumah yang terdampak banjir juga di Desa Salebu, Kecamatan Majenang," katanya pada Kamis (28/10).

Menurut Wijonardi, saat sekarang kondisi banjir telah surut. Namun demikian, saat sekarang sudah mulai surut. "Masyarakat telah membersihkan sisa-sisa banjir bandang. Tetapi, kami mengimbau tetap waspada, karena masih ada potensi bencana akibat cuaca ekstrem yang terjadi," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan bahwa ada beberapa daerah yang dilanda banjir dan longsor. "Banjir sempat terjadi di Kemranjen dan Sumpiuh. Sementara untuk longsor terjadi di Pekuncen. Kami tetap mengimbau kepada warga untuk waspada," tambahnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok pribadi

Siskaeee Pintar Ngaji dan Cerdas Sejak Kecil

👤RO/Micom 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:20 WIB
Hidup Siskaeee pahit karena yatim...
Dok. Sahabat Ganjar

Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:17 WIB
Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bali Berikan Donasi ke Penyintas Kanker dan Penyandang Disabilitas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:14 WIB
"Bantuan diharapkan dapat bermanfaat untuk rumah singgah Tapasya Stroke Center. Semoga para penderita di sini bisa sembuh seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya