Minggu 24 Oktober 2021, 10:50 WIB

Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 Massal di Bogor Bagikan Doorprize

Dede Susianti | Nusantara
Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 Massal di Bogor Bagikan Doorprize

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/9).

 

KABUPATEN Bogor saat ini memang tengah dikejar target untuk vaksinasi Covid-19. Untuk itu, semua elemen digerakkan dan begerak agar herd immunity (kekebalan komunal) dapat segera tercapai.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk menarik perhatian warga agar datang ke sentra vaksinasi dan mau disuntik.

Seperti yang dilakukan di sentra vaksinasi yang berada di perumahan Pesona Batavia, sebuah komplek perumahan di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Polsek Kemang, Polres Bogor berkolaborasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat RW atau tingkat perumahan dan Gerakan Indonesia Pasti Bisa melaksanakan vaksinasi massal dengan cara berbeda yakni memberikan hadiah (doorprize) kepada para peserta. Satgas Covid-19 RW 7 Desa Jampang itu juga menggandeng Dompet Dhuafa.

Haryanto Darmawan, Ketua Satgas Covid-19 RW 7 Desa Jampang mengatakan, pihaknya termotivasi dengan kondisi Kabupaten Bogor yang capaian vaksinasinya masih sedikit.

"Pelaksanaan vaksinasi ini untuk mendukung kegiatan pemerintah terutama untuk wilayah Bogor yang sampai saat ini level PPKM-nya belum turun, sedangkan kota penunjang lainnya sudah turun ke level dua. Jadi kami termotivasi terus mengajak warga untuk ikut vaksinasi melalui program vaksinasi massal Polsek Kemang,"ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Ary itu mengatakan doorprize yang diberikan untuk warga usai divaksin Covid-19 merupakan salah satu cara dalam menarik minat masyarakat.

"Jadi doorprize ini untuk merangsang masyarakat agar semangat mengikuti vaksinasi. Kedua, doorprize ini diberikan sebagai apresiasi kami kepada warga yang sudah mau divaksin,"katanya.

Hadiah yang dibagikan Satgas Covid-19 RW 7 Desa Jampang itu beragam. Ada kulkas, kompor gas, rice cooker, dan puluhan hadiah barang lainnya. Peserta vaksinasi nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di ruang teebuka atau tepatnya di lapangan dengan mendirikan tenda. Hal itu juga untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) covid-19 agar tidak terjadi kepadatan. Pun demikian dengan prokes covid-19 lainnya di terapkan, seperti pembatasan jarak dan memakai masker.

Sementara dokter Nurjanah koordinator tim medis giat vaksinasi masal dari RST Dompet Dhuafa menjelaskan, pihaknya menerjunkan satu dokter vaksinator dan dua perawat.

"Kami melakukan screening, vaksinasi dan observasi kepada para peserta vaksinasi. Alhamdulillah tidak ada kendala." ujarnya.

Kapolsek Kemang, Komisaris Ilot Djuanda menegaskan, sesuai arahan pjmpinan di Polres Bogor, maka jajaran di Polsek Kemang terus melakukan giat serbuan vaksinasi di sejumlah tempat dengan menggandeng semua unsur masyarakat.

"Giat ini merupakan bagian dari program gerai vaksinasi Polres Bogor dan Indonesia Pasti Bisa. Kami sudah lakukan giat serupa di kantor polsek, di kantor desa, di RST Dompet Dhuafa, di mesjid dan lokasi - lokasi lainnya," ungkap Ilot.

Masih kata Kapolsek Kemang, di tempat itu sasaran peserta vaksinaai di targetkan sekitar 800 orang. Sementara jenis vaksin yang diberikan kepada warga adalah vaksin sinovac.

"Kalau warga di Perumahan Pesona Batavia sudah hampir 95% yang divaksin. Jadi hari ini kami membuka vaksinasi massal untuk warga di luar perumahan," ungkapnya.

Dia menyebut sampai saat ini dari data yang dimiliki Satgas Covid-19 Kecamatan Kemang, sudah hampir 52 ribu warga yang telah ikut vaksinasi.

"Kami tetap terus melakukan percepatan vaksinasi sehingga bisa mencapai target terciptanya herd immunity. Bersyukur hari ini, jajajaran Satgas Covid RW 7 ikut membantu tugas kami. Bahkan guna merangsang partisipasi warga, panitia memberikan doorprize." pungkasnya.

Sementara itu pemerintah Pusat menargetkan Kabupaten Bogor 70% untuk vaksinasi dari jumlah penduduk atau 4.225.790 orang atau 8.451.580 dosis sampai Desember 2021.

Namun sampai saat ini realisasi capaian vaksin Kabupaten Bogor, data per 18 Oktober baru sebesar 35,39% atau 2.991.135 dosis dari target 8.451.580 dosis. (DD/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Dampak Erupsi Semeru, 79 Gardu Listrik Masih Padam

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:40 WIB
Ada 79 gardu listrik dengan 22.826 pelanggan yang terdampak padam pascaerupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu...
MI/Djoko Sardjono

Dewan Kesenian Klaten Gelar Pentas Virtual Drama Komedi

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:15 WIB
Dewan Kesenian Klaten mengembangkan enam bidang seni yang terdiri dari 14 komite, antara lain komite seni pedalangan, ketoprak,...
ANTARA/Makna Zaezar

Semeru Erupsi, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Lancar

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:33 WIB
"Di Kabupaten Lumajang, terdapat 17 SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan 12 Agen LPG PSO (Subsidi) yang saat ini tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya