Rabu 20 Oktober 2021, 17:05 WIB

PTM Terbatas, Prokes Di Luar Sekolah Juga Harus Diperhatikan

Naviandri | Nusantara
PTM Terbatas, Prokes Di Luar Sekolah Juga Harus Diperhatikan

DOK MI (ilustrasi)
Penerapan prokes di lingkungan sekolah.

 

TES acak yang dilakukan di sejumlah sekolah berbagai jenjang di Kota Bandung, Jawa Barat menunjukan 14 siswa dan guru dinyatakan positif Covid-19. Kasus ini muncul salah satunya disebabkan adanya penurunan disiplin protokol kesehatan (prokes) di luar lingkungan sekolah.

Ketua Divisi Komunikasi Publik, Perubahan Perilaku, dan Penegakan Aturan pada Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat (Jabar), Ade Afrandri menjelaskan yang harus diperhatikan pada masa pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan sering luput dari pengawasan justru  bukan di dalam lingkungan sekolah.

"Yang perlu diperhatikan sekarang bukan saat siswa dan tenaga pendidik berada dalam lingkungan sekolah, tapi saat berada di luar lingkungan sekolah, yaitu ketika PTM selesai dan siswa serta tenaga pendidik keluar dari gerbang sekolah," jelasnya, Rabu (20/10).

Ade mengatakan berdasarkan hasil pemantauan, prokes mulai diabaikan di luar lingkungan sekolah. Padahal saat di dalam sekolah, semua protokol kesehatan dilaksanakan dengan serius.

Pemantauan di beberapa wilayah yang dilakukan Satpol PP Jabar, mulai ada pengabaian penggunaan masker dan 3M saat siswa dan tenaga pendidik keluar dari gerbang sekolah untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Saya mengapresiasi tes acak yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan perlu dilakukan juga oleh seluruh dinkes di kabupaten dan kota lainnya yang melaksanakan PTM terbatas, sebagai upaya mencegah klaster penyebaran baru," tambahnya.

Mengenai opsi penutupan PTM terbatas di sekolah dan pemberlakuan pembelajaran jarak jauh kembali terhadap sekolah yang siswa atau pengajarnya terkonfirmasi positif Covid-19, Ade mengatakan hal itu dapat dilakukan jika mengarah ke penyebaran secara masif di sekolah dan jika hasil tes acak mengarah ke klaster baru. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA

Kota Semarang Izinkan Tempat Hiburan dan Wisata Buka Saat Nataru

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:10 WIB
PEMERINTAH Kota Semarang, Jawa Tengah mengizinkan seluruh tempat hiburan dan obyek wisata buka saat liburan Natal dan Tahun Baru...
MI/Gabriel Langga

Sikka Jadi Model Closed Loop Hortikultura di NTT

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:03 WIB
MELALUI anak-anak muda yang terlibat di bidang pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ingin menjadi Kabupaten Sikka sebagai...
MI/BAYU ANGGORO

Di Era Robotisasi, ASN Harus Punya Kompetensi Standar Teknis

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:55 WIB
Nantinya, bukan tidak mungkin banyak jabatan ASN yang akan dilebur karena pekerjaannya diganti dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya