Rabu 20 Oktober 2021, 16:54 WIB

Kabupaten Sukabumi Kejar Target 50% Vaksinasi Covid-19

Benny Bastiandy | Nusantara
Kabupaten Sukabumi Kejar Target 50% Vaksinasi Covid-19

ANTARA (ilustsrasi)
Pemkab Sukabumi, Jawa Barat terus kejar target capaian vaksinasi Covid-19.

 

PERCEPATAN vaksinasi covid-19 dilakukan Pemkab Sukabumi, Jawa Barat. Upaya itu dilakukan agar cakupan sasaran bisa mencapai angka 50%.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid, mengatakan sampai pekan ini cakupan vaksinasi covid-19 masih di kisaran 32%. Karena itu, masih cukup besar cakupan vaksinasi yang mesti dicapai agar bisa mencapai target 50%.

"Kita coba kejar target capaian vaksinasi covid-19 dengan melaksanakan pekan vaksinasi. Kalau belum juga maksimal, kita siapkan program bulan vaksinasi covid-19," terang Harun, Rabu (20/10).

Cakupan vaksinasi menjadi satu di antara indikator penilaian level PPKM. Agar bisa berada pada level 2, total cakupan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sukabumi harus berada di kisaran 50% serta untuk kalangan lanjut usia di kisaran 40%. "Ini tentu jadi tugas kita bersama agar bisa mempercepat target capaiannya," terang Harun.

Ia menuturkan ada berbagai faktor yang menyebabkan capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sukabumi relatif masih cukup rendah. Di antaranya kesadaran masyarakat yang masih rendah, mobilisasi warga ke sentra layanan vaksinasi yang juga masih kurang, serta distribusi vaksin yang belum seimbang dengan kebutuhan jumlah sasaran. "Untuk jumlah sasaran sendiri lebih kurang ada 2 juta orang," ungkapnya.

Sejauh ini, sebut Harun, Kabupaten Sukabumi sudah mendapatkan distribusi vaksin covid-19 sebanyak lebih kurang 900 ribu dosis. Untuk dosis pertama lebih kurang 666 ribu dosis dan dosis kedua 224 ribu dosis. "Jadi memang masih cukup jauh pasokan vaksin yang kami terima dengan jumlah sasaran," kata Harun.

Saat ini salah satu sasaran yang jadi prioritas kalangan lanjut usia, khususnya 60 tahun ke atas. Pasalnya, angka kematian pasien lansia relatif cukup tinggi di kisaran 12%. "Dengan berbagai upaya, kami berharap vaksinasi bisa dipercepat sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Banjir Mulai Landa Bagian Hilir Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Senin 06 Desember 2021, 11:45 WIB
Selain akibat tingginya curah hujan dan turunnya luapan banjir dari bagian hulu, kondisi air pasang menyebabkan terjadinya...
MI/Dok BNPB

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru Melalui Udara

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 11:37 WIB
Kepala BNPB melihat langsung dampak dari kejadian bencana awan panas guguran Gunung Semeru setelah helikopter terbang...
Antara

Ketua FPKS Ajak Potong Gaji Bantu Korban Letusan Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:25 WIB
Jazuli juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia di manapun berada bergerak membantu korban bencana dengan cara dan kemampuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya