Rabu 13 Oktober 2021, 17:05 WIB

Resmikan Trans Jateng Semarang-Godong, Ganjar; Daerah Mesti Siapkan Angkutan Terusan

mediaindonesia.com | Nusantara
Resmikan Trans Jateng Semarang-Godong, Ganjar; Daerah Mesti Siapkan Angkutan Terusan

DOK PEMPROV JAWA TENGAH
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lepas bus Trans Jateng Semarang-Godong.

 

LAYANAN transportasi umum aglomerasi di Jawa Tengah terus ditambah. Rabu (13/10), Gubernur Jawa Tengah kembali meluncurkan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Semarang-Godong Grobogan.

Trans Jateng Semarang-Grobogan menjadi rute aglomerasi keenam yang diluncurkan Ganjar. Sejak 2017 lalu, Ganjar sudah meresmikan rute Trans Jateng lain, di antaranya Semarang-Bawen, Purbalingga-Purworejo, Semarang-Kendal, Borobudur-Kutoarjo, dan Solo-Sumberlawang.

Peluncuran Trans Jateng Semarang-Godong Grobogan dilakukan Ganjar di Pendopo Kabupaten Grobogan. Hadir dalam acara itu Bupati Grobogan, Bupati Demak, dan jajaran forkompimda lainnya. Nantinya, rute itu akan dilayani oleh 14 bus dan masing-masing bus melayani 6 perjalanan selama sehari.

"Kita bertahap mendorong agar sistem transportasi berjalan dengan baik. Program ini saya pikirkan sejak awal saya menjabat, gimana caranya membuat angkutan umum yang murah, terjangkau dan baik. Akhirnya dilaksanakanlah peluncuran Trans Jateng ini," ucapnya.

Prioritas utama Trans Jateng adalah untuk memberi pelayanan pada buruh, pelajar dan veteran. Setelah itu, baru untuk penumpang umum lainnya.

"Kenapa buruh, karena pengeluaran mereka cukup tinggi untuk transportasi. Dengan harga Rp2.000, maka ini bisa sangat membantu. Termasuk para pelajar dan veteran agar kita bisa menghormati mereka. Selain itu, ya untuk masyarakat umum, agar mereka terlayani dengan baik dan jalanan tidak penuh," katanya.

Pengembangan koridor Trans Jateng, lanjut Ganjar, akan terus berkembang. Ke depan, akan dibangun koridor-koridor lain dan rute lain yang memang dibutuhkan.

"Kenapa ini baru sampai Godong, ya nanti kita bertahap. Koridornya bisa berkembang sesuai kondisi di lapangan," jelasnya.

Ganjar juga berharap daerah menindaklanjuti program ini. Setiap  daerah yang dilintasi Trans Jateng, menyiapkan angkutan terusan sampai ke desa-desa agar masyarakat semakin terlayani.

"Tadi saya bicara dengan Bupati Grobogan dan Demak. Saya mendorong agar daerah meneruskan sampai ke desa-desanya. Umpama antar daerah dilayani Trans Jateng, sampai di daerah ada angkutan terusan sampai ke desa-desa. Kalau bisa tiketnya terintregrasi, jadi bayarnya hanya sekali dan kalau bisa elektronik. Ini memang belum sesempurna itu, tapi kita mulai dari sekarang," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan, Trans Jateng akan membuat Grobogan semakin seksi. Di tengah investasi yang terus datang, jalanan jadi padat oleh distribusi barang dan tenaga kerja.

"Utamanya ruas Semarang-Godong itu hampir tiap hari macet dan menyebabkan angka kecelakaan tinggi. Kami sangat senang dengan adanya rute Trans Jateng ini, karena sangat bermanfaat untuk warga kami," ucapnya.

Selain itu, keberadaan Trans Jateng diharapkan juga mengangkat ekonomi masyarakat. Moda transportasi itu juga diharapkan bisa mengangkat sejumlah destinasi wisata yang ada.

Di lain sisi, Plt Kadishub Jateng, Henggar Budi Anggoro mengatakan, sejak dioperasionalkan pada 2017 lalu, tercatat sudah ada 11 juta lebih pengguna Trans Jateng. Trans Jateng juga berhasil menggeser 45% pengguna kendaraan pribadi beralih menaiki Trans Jateng. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/FAISHOL TASELAN

Terbebani PP 85/2021, Nelayan Mengadu ke Partai NasDem Jawa Timur

👤Faishol Taselan 🕔Senin 25 Oktober 2021, 14:25 WIB
PP 85/2021 yang disahkan 19 Agustus lalu dirasakan memberatkan para...
Ist

Program Desa Wisata Menteri Sandiaga Wujudkan Harapan Warga Desa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 13:44 WIB
Terkait Program Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan pihaknya mendukung dan memanfaatkan segala potensi yang...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Ketua Dekrasda Lampung Meluncurkan Sulam Jelujur

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:20 WIB
Untuk membuat sulam jelujur menjadi produk yang menarik dan berkualitas perlu sentuhan inovasi dari tangan-tangan kreatif...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya