Selasa 12 Oktober 2021, 19:52 WIB

Purwakarta Siap Gelar Pilkades Serentak

Reza Sunarya | Nusantara
Purwakarta Siap Gelar Pilkades Serentak

MI/Reza Sunarya
Rapat koordinasi pilkades serentak di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (12/10).

 

KABUPATEN Purwakarta, Jawa Barat siap menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 16 Oktober 2021. Pilkades akan diikuti 170 desa dengan jumlah calon kepala desa (cakades) sebanyak 574 orang ini dengan penerapan Protokol kesehatan secara ketat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak  perlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur Pemda dengan TNI dan Polri. Terlebih Pilkades saat ini berlasung ditengah Pandemi covid-19.

Berkaitan dengan langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses Pilkades, Anne menyebutkan menjadi tanggung jawab bersama seluruh unsur masyarakat yang terlibat dalam hajatan demokrasi tersebut.

"Kita jangan hanya berfokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades semata, tetapi kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir. Karena Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, mari kita ciptakan Pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin impian masyarakat," kata Anne, Selasa (12/10).

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKB Suhardi Hery Haryanto mengatakan, pengamanan Pilkades menjadi atensi jajarannya. Pihaknya juga terus bersinergi dengan TNI dan unsur Pemerintah Kabupaten Purwakarta guna mencegah terjadinya permasalahan yang tidak diinginkan.

Upaya-upaya pencegahan terhadap potensi konflik selama tahapan maupun pelaksanaan Pilkades, lanjutnya, menjadi bagian dari materi pembahasan rapat. Termasuk memetakan daerah-daerah rawan konflik.

"Saling mendukung dan menjaga kondusifitas di antara seluruh pihak yang terlibat, menjadi kunci keamanan pelaksanaan pilkades," Kata Hery.

Untuk pengamanan, akan dikerahkan sebanyak 1.250 personel yang terjadi dari Personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta. "Kami sudah siapkan beberapa personel baik dari Polda Jabar yang membackup kita dalam pengamanannya Pilkades serentak ini, termasuk dari satuan TNI, satuan Satpol PP, maupun satuan dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang," ujar Hery.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Purwakarta akan berlangsung di 17 kecamatan, sebanyak 170 desa dengan jumlah TPS sebanyak 1.172, jumlah cakades sebanyak 574 orang, jumlah DPT 545.318 hak Pilih, jumlah Panitia Pilkades sebanyak 850 orang, jumlah kelompok penyelenggara Pilkades sebanyak 9376 orang dan jumlah Pengawas Pilkades sebanyak 510 orang. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.ist

Kader dan Pengurus Partai Ummat di Batam Mengundurkan Diri Massal

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 08:30 WIB
KADER dan pengurus partai Ummat Kota Batam, Kepri mendeklarasikan pengunduran diri secara massal yang dilakukan di Lapangan WTB...
dok.mi

Dunia Terbalik, Anak Korban KDRT Lapor Polisi di Sumut Malah Jadi Tersangka

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 18 Oktober 2021, 06:25 WIB
ANAK korban KDRT di Pematangsiantar,Sumut laporkan ayahnya ke polisi malah ditetapkan sebagai tersangkai, kebetulan terlapor yang juga...
MI/Gabriel Langga

36 Petani Milenial di Maros Terima Dana Hibah Pemkab

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 05:00 WIB
Dana hibah itu disalurkan melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya