Rabu 06 Oktober 2021, 09:12 WIB

PPKM Kota Tebing Tinggi Turun jadi Level 1

Apul Iskandar | Nusantara
PPKM Kota Tebing Tinggi Turun jadi Level 1

MI/Apul Sianturi
Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan

 

DALAM Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, 2, dan 1 untuk wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Disebutkan Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara turun ke level 1 yang sebelumnya masih pada level 3.

"Pencapaian ini berkat dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tebing Tinggi serta kerja keras satgas penanganan Covid-19, Pemerintah Kota Tebing Tinggi, TNI, Polri dan Kejaksaan," ujar Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan di Rumah Dinasnya, Selasa (5/10).

Selain itu, menurutnya percepatan vaksinasi di Kota Tebing Tinggi juga menjadi salah satu kunci penurunan ke level 1.

"Sinergitas dalam hal vaksinasi Covid-19 yang digelar di Kota Tebing Tinggi ini juga menjadi salah satu indikator penurunan level ini. Pemko Tebing Tinggi, Kepolisian, TNI serta dari organisasi keagamaan dan masyarakat terus berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi ke masyarakat", ungkapnya.

Positive rate covid-19 di Kota Tebing Tinggi, jelas dia, juga mengalami penurunan dan mortality rate angka kematian covid-19 juga rendah. Faktor penerapan penanganan covid-19 di Kota Tebing Tinggi  juga turut mempengaruhi penentuan level.

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Tebing Tinggi Abu Hasyim Siregar, memberikan apresiasi kepada Wali kota Umar Zunaidi Hasibuan karena telah berhasil menekan jumlah angka penyebaran pandemi di Kota Tebing Tinggi serta mampu membuat Kota Tebing Tinggi menjadi PPKM level 1.

"Ini patut diapresiasi, kita mampu turun hingga ke Level 1, semua ini berkat kerjasama Wali kota Tebing Tinggi dan Forkompinda yang ada mulai dari Polres Tebing Tinggi, Kodim 0204 DS, Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, pengusaha dan semua lintas sektoral yang ada. Terima kasih Pak Wali kota Tebing Tinggi." ucapnya.

Adapun kasus konfirmasi positif Covid-19 sampai tanggal 5 Oktober 2021 di Kota Tebing Tinggi adalah 7,9 per 100 ribu penduduk. Dalam sepekan terakhir kasus positif cenderung menurun, rawat inap 5,6 per 100 ribu penduduk dan tidak ada kasus kematian dalam seminggu terakhir. Capaian vaksinasi untuk dosis pertama sebesar 38,33% dan BOR sebesar 2,34%.

Sementara jumlah kelurahan yang berada di zona hijau ada sebanyak 25 kelurahan dan zona kuning sebanyak 10 kelurahan dari total seluruh kelurahan yang ada di Kota Tebing Tinggi. (OL-13)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya