Selasa 05 Oktober 2021, 15:20 WIB

Proyek Infrastruktur The Mandalika Senilai Rp395 Miliar Diserahterimakan

Yusuf Riaman | Nusantara
Proyek Infrastruktur The Mandalika Senilai Rp395 Miliar Diserahterimakan

FOTO/Ahmad Subaidi
Tikungan 17 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Te

 

 

SEJUMLAH proyek Infrastruktur dasar sirkuit dan non sirkuit Mandalika diserahterimakan dari kontraktor kepada PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC adalah BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika/The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Proyek itu digarap kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Bunga Raya Lestari KSO.

Serah terima dilakukan Selasa (5/10) di area paddock Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau Mandalika International Street Circuit, The Mandalika.

Hadir di lokasi Direktur Pelaksana 2 LPEI Maqin U Norhadi, Kuasa KSO General Manager Departemen Operasi 7 PT WIKA-BRL Rahmad Erwan Pramudya, Direktur PT Bunga Raya Lestari I Ketut Sama, Direktur PT Yodya Karya (Persero) Delta Hatmantari, Direktur Utama PT Parama Karya Mandiri Prasetyo Budi Hartanto, Dewan Komisaris ITDC Irzani, dan Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat.

Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat mengakui dukungan yang diberikan LPEI dalam penyediaan infrastruktur dasar menjadikan proyek di KEK Mandalika dapat terbangun sesuai kebutuhan.

"Baik infrastruktur dasar untuk main track JKK dan lokasi paddock yang tidak lama lagi akan menggelar event balap World Superbike, maupun jalan akses dan penunjangnya yang akan memaksimalkan konektivitas dan memudahkan pergerakan masyarakat dan wisatawan di dalam kawasan," ujar Taufik.

Proyek infrastruktur dasar yang diserahterimakan terdiri dari pekerjaan timbunan badan jalan sirkuit sepanjang 4,3 km, penguatan liquifaksi sirkuit, fasilitas pendukung area paddock untuk infrastruktur dasar sirkuit, serta jalan akses Kuta Beach Park, sirkuit, dan gerupuk dengan total panjang 6,7 km. Selain itu juga  jaringan utilitas air serta listrik untuk infrastruktur dasar non sirkuit.

Proyek ini merupakan bagian dari dukungan pendanaan dari LPEI melalui skema National Interest Account (NIA), dengan total plafon fasilitas maksimum sebesar Rp1,2 triliun untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.  Adapun proyek infrastruktur dasar sirkuit dan non sirkuit yang diserahterimakan tersebut senilai Rp395 Miliar.

Direktur Pelaksana II LPEI, Maqin U Norhadi mengatakan, KEK Mandalika merupakan proyek yang akan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, khususnya terkait potensi peningkatan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

Dia mengatakan, dua tahun lalu, ITDC berinisiatif untuk mengajukan permohonan dukungan pendanaan kepada LPEI melalui program NIA dalam rangka membangun infrastruktur dasar sirkuit dan non sirkuit yang dapat mendorong percepatan pembangunan The Mandalika. "Hari ini proyek sudah rampung."

Dia optimistis, percepatan pengembangan Kawasan The Mandalika melalui pembangunan infrastruktur dasar yang didukung LPEI ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Mandalika dan menambah devisa negara. (N-2)

Baca Juga

Ist

Dorong Home Stay Nyaman, Sandiaga Serahkan 42 Set Sprei untuk Pariwisata Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:56 WIB
Bila penginapan di lokasi wisata telah nyaman, para wisatawan akan berdatangan.  Bila sudah rutin ada kedatangan wisatawan,...
ANTARA/Tim Magang/Dela

Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dibentangkan di Sungai Kapuas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:45 WIB
Ada sekitar 300 orang yang terlibat dalam acara pembentangan Bendera Merah Putih untuk memperingati ulang tahun ke-250 Kota...
Medcom

Polisi Masih Berupaya Identifikasi Sejoli yang Tewas di Rumah Kontrakan di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:52 WIB
"Kami masih melakukan penyeldikan terhadap dua mayat yang berada di dalam kamar di atas ranjang dan rencananya akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya