Kamis 30 September 2021, 10:59 WIB

Lanud El Tari Kupang Naik Level ke Tipe A, Ini Dampaknya

Palce Amalo | Nusantara
Lanud El Tari Kupang Naik Level ke Tipe A, Ini Dampaknya

MI/Palce Amalo
Komandan Lanud El Tari Kupang Marsekal Muda (Marsma) TNI Umar Faturahman

 

PANGKALAN Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur telah ditingkatkan dari sebelumnya berstatus Tipe B menjadi Tipe A.

Komandan Lanud El Tari Kupang Marsekal Muda (Marsma) TNI Umar Faturahman mengatakan, peningkatan status pangkalan untuk memberikan penguatan pengamanan udara di wilayah selatan Indonesia.

"Peningkatan status sudah sejak Maret 2021, harapanya ke depan sesuai perintah Panglima TNI akan memberikan penguatan di wilayah selatan," katanya kepada wartawan, Kamis (30/9).

Dengan naiknya status tersebut, secara bertahap akan dilakukan penambahan alusitsa, personil, dan peningkatan pengamanan. Untuk skuadron, tambahnya masih dalam tahap perencanaan, namun saat ini Lanud El Tari sudah memiliki hanggar untuk pesawat tempur. Menurutnya, saat ini Lanud El Tari masih berstatus pangkalan operasi, bukan pangkalan induk.

Pada Jumat (1/10), sejumlah pesawat tempur Super Ticanao akan tiba Kupang untuk melakukan patroli rutin di perbatasan wilayah NTT dengan negara tetangga. Sebelumnya, jet tempor Sukhoi dan F-16 milik TNI AU juga berpatroli rutin di perbatasan selatan Indonesia.

Marsma Umar Faturahman mengatakan patroli pengamanan perbatasan udara juga pernah digelar bersama Angkatan Udara Australia. "Patroli bersama ini untuk pengintaian, apabila ada pesawat asing masuk, siapa yang action," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Baru 44 Sekolah Dinilai Siap PTM di Kota Bogor

 

Baca Juga

DOK MI

Realisasi Anggaran Covid-19 Kota Malang Capai 90%

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 30 November 2021, 17:11 WIB
PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, menyatakan realisasi anggaran  penanganan covid-19 sudah mencapai 90% dari total anggaran sebesar...
dok.ant

Pemkab Wonosobo Targetkan Awal 2022 Capai 100% Vaksinasi Covid-19

👤Tosiani 🕔Selasa 30 November 2021, 16:35 WIB
PEMKAB Wonosobo mengoptimalkan vaksinasi covid-19 hingga mencapai angka 100 persen pada awal tahun 2022...
MI/Widjajadi

BC Surakarta Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal Senilai Rp1,2 Miliar

👤Widjajadi 🕔Selasa 30 November 2021, 16:29 WIB
BEA Cukai (BC) Surakarta musnahkan jutaan batang rokok tanpa cukai dan ribuan botol minuman keras ilegal yang merugikan negara lebih dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya