Minggu 26 September 2021, 09:10 WIB

Tebing Fondasi Masjid di Desa Nasol Ciamis Longsor

Kristiadi | Nusantara
Tebing Fondasi Masjid di Desa Nasol Ciamis Longsor

MI/Dwi Apriani.
Ilustrasi.

 

HUJAN deras yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan tiga rumah mengalami kerusakan tertimpa longsor dan menutup akses jalan penghubung Desa Nasol menuju Desa Darmacaang pada Sabtu (25/9) malam. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa tetapi beberapa keluarga harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Ade Waluya mengatakan, hujan deras disertai petir terjadi di wilayahnya dan menyebabkan Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, mengalami longsor sehingga menimpa tiga rumah. Longsoran menutup akses jalan di 10 titik lokasi. Kejadian tersebut menyebabkan banyak warga tidak bisa menggunakan akses jalan karena tertutup material longsor.

"Untuk jalan penghubung Desa Nasol menuju Desa Darmacaang tertutup material longsor sepanjang 7 meter dan kedalaman 2 meter dari tebing setinggi 10 meter. Namun, sekarang petugas gabungan akan berupaya menyingkirkan material supaya masyarakat di perkampungan tersebut bisa menggunakan kembali akses jalan secara normal," katanya, Minggu (26/9).

Ia mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam menyebabkan pula 22 keluarga terdampak. Bencana longsor berada di Dusun Cikuda, Dusun Sigung 1, 2, Dusun Palasari, Dusun Batumalang, dan Dusun Desa. "Untuk titik longsor yang paling parah terjadi di Dusun Sigung Satu, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Tebing tembok fondasi masjid tiba-tiba longsor hingga menimpa rumah warga. Akan tetapi, di Dusun Cikuda, Desa Nasol, menuju Desa Darmacaang, jalan tertutup longsor," ujarnya.

Baca juga: Maung Galunggung Tangkap Puluhan Remaja Pesta Miras Oplosan

Pihaknya bersama tim gabungan akan melakukan evakuasi material longsor yang telah menutup badan jalan. Para petugas lain berencana membersihkan puing-puing rumah. Pihaknya tetap minta agar masyarakat tetap waspada karena hujan deras masih akan terus terjadi. (OL-14)

Baca Juga

Antara

300 Pelajar di Kalimantan Tengah Diam-Diam Menikah saat Sekolah Daring

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:45 WIB
Gubernur Kalimanan Tengah Sugianto Sabran mengaku tidak pernah mengira kebijakan pembelajaran daring berdampak pernikahan dini kalangan...
MI/Solmi.

Syarif Fasha Siap Besarkan NasDem di Jambi

👤Solmi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:05 WIB
Di hadapan Gubernur Jambi H. Al Haris yang turut hadir, Syarif Fasha dengan lantang mengisahkan dirinya kepincut bergabung dengan...
DOK PEMPROV JATENG

Di Hari Santri Nasional, Ganjar Harap Semua Teladani Perjuangan Para Santri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:21 WIB
Kepada para santri di seluruh Indonesia, Ganjar berharap semakin mengikuti perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya