Selasa 21 September 2021, 18:45 WIB

Ruang Perawatan Pasien Covid-10 Si Sulsel Mulai Dialihkan Untuk Pasien Umum

Lina Herlina | Nusantara
Ruang Perawatan Pasien Covid-10 Si Sulsel Mulai Dialihkan Untuk Pasien Umum

ANTARA
Ilustrasi ruang perawatan pasien Covid-19.

 

MENURUNNYA kasus baru covid-19 di Sulawesi Selatan membuat Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur rumah sakit secara keseluruhan sudah berada di kisaran 10 persen-14 persen. Pemerintah Provinsi Sulsel mulai mengalihfungsikan ruang perawatan isolasi pasien covid-19 untuk perawatan pasien umum.

Meski demikian, Pemprov Sulsel, tetap membuka Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) di Kantor BPSDM Sulsel dan Asrama Haji Sudiang Makassar. Kedua lokasi itu dipertahankan sebagai tempat isolasi terpadu, untuk mengantisipasi akses masyarakat yang sulit isolasi mandiri.

Menurut Koordinator Posko Satgas Covid-19 Sulsel Arman Bausat, menurunnya keterisian tempat tidur itu seiring dengan melandainya kasus covid-19 di Sulsel. "Kasus harian kian menurun, otomatis tempat tidur yang kita konversi untuk pasien covid-19 menurun," jelasnya, Selasa (21/9).

Arman yang juga Kepala Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Makassar menyebutkan, di rumah sakit yang dipimpinnya, sebelum kasus covid-19 naik, tempat tidur pasien umum berjumlah 230 unit. Namun saat kasus naik, tempat tidur tersebut dialihfungsikan menjadi tempat tidur pasien covid-19.

Demikian pula di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji dan RSUD Haji Makassar, yang jumlah tempat tidurnya 200 unit, hampir semua dikonversi untuk pasien covid-19.

"Sekarang, kondisinya, khusus di RSKD Dadi yang menjadi posko Satgas Covid-19 Sulsel, kini BOR-nya tersisa 2 persen saja. Bahkan pasien covid-19 di RSKD Dadi sudah tidak ada yang diisolasi. Tapi di ICU ada  dua pasien," sebut Arman.

Kendati demikian, ditegaskan, Pemprov Sulsel terus mengantisipasi kenaikan dengan menyiagakan tempat tidur meski kasus covid-19 telah menurun.

Berdasarkan data posko Satgas Covid-19, BOR tempat tidur isolasi kini menurun 0,77 persen dibanding kemarin. Begitu pun BOR ICU yang juga turun 1,11 persen. Tempat tidur isolasi secara total di 116 rumah sakit di Sulsel berjumlah 3.109 unit dan tempat tidur yang terpakai hanya 318 unit.

Sedangkan tempat tidur ICU secara total yang tersedia 359 unit, dan yang terpakai sisa 57 unit. Total keseluruhan BOR saat ini mencapai 10,81 persen. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Kunjungi Desa Wisata Pandanrejo, Sandiaga Berdialog dengan Peternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:49 WIB
Terkait dengan ADWI 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan ke sejumlah desa...
MI/Yusuf

Menko Perekonomian: Jelang Ajang Superbike, Akselerasi Vaksinasi di NTB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 14:11 WIB
NTB berada pada Level Asesmen 1 PPKM, yang mana Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah masih pada Level Asesmen...
Antara

3 Hari Dibuka, Penerbangan Internasional Bali Masih Sepi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 13:00 WIB
hingga hari ini, Minggu (16/10), Bali masih sepi dari jadwal kedatangan para pelancong yang ingin berwisata di destinasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya