Senin 20 September 2021, 21:33 WIB

Pemprov Sumut Akan Ubah Peruntukan Lapangan Merdeka Medan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pemprov Sumut Akan Ubah Peruntukan Lapangan Merdeka Medan

ANTARA Septianda Perdana
Warga beraktivitas di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara.

 

PEMERINTAH daerah akan mengosongkan Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara dari aktivitas ekonomi yang bersifat komersil dan akan diperuntukkan hanya bagi kegiatan masyarakat. Hal itu terungkap dalam rapat persiapan perencanaan pembangunan sejumlah proyek strategis di Kota Medan, sebagai ibu kota provinsi serta yang terintegrasi di dalamnya, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41, Medan, Senin (20/9).

Rapat dipimpin Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan diikuti Wali Kota Medan Bobby Nasution, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dan Sekda Kota
Binjai Irwansyah Nasution, beserta jajarannya. Salah satu yang dibahas dalam rapat tersebut adalah mengenai rencana perubahan peruntukan Lapangan Merdeka Medan.

Gubernur mengatakan Lapangan Merdeka Medan akan dikosongkan. "Pertama, kita harapkan Lapangan Merdeka itu direncanakan kosong," kata Edy.

Gubernur berujar, ke depan Lapangan Merdeka Medan hanya dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat. Gubernur juga mendukung rencana Pemkot Medan membangun dua tingkat tempat parkir bawah tanah.

Lebih jauh, Gubernur ungkapkan bahwa Kesawan, kawasan sekitar Lapangan Merdeka akan dijadikan sebagai tempat wisata heritage dengan banyaknya gedung dan rumah peninggalan lama. Menurut Edy, rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana sebelumnya untuk singkronisasi antarkepala daerah.

Mereka membahas kelanjutan rencana pembangunan Medan sebagai ibu kota, yang titik nolnya adalah Lapangan Merdeka. Perencanaan ini sempat terputus di akhir 2018 dan sekarang baru dapat dilanjutkan kembali.

Sedamgkan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengatakan bahwa Lapangan Merdeka akan dijadikan sebagai cagar budaya dan ruang terbuka hijau (RTH). "Rencana itu sejalan dengan apa yang diharapkan Gubernur Sumut beberapa tahun lalu," ujarnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Semen Gresik Gelar Istihosah Bersama Santri di Rembang

👤Haryanto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:30 WIB
PT.SEMEN Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW...
MI/Widjajadi

Klaster Covid-19 PTM di Solo ditemukan di SD dan SMP

👤Widjajadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:23 WIB
PEMBELAJARAN Tatap Muka (PTM) di Kota Solo memunculkan klaster covid-19 baru...
Masjid Kudus

Satpol PP Kudus Ingatkan Jangan Beri Uang pada Pengemis Atau Didenda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:04 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengingatkan masyarakat agar tidak memberikan uang kepada pengemis maupun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya