Senin 20 September 2021, 17:23 WIB

Dinkes Cianjur Akan Tambah Sentra Vaksinasi Covid-19 Di Tingkat Kecamatan

Benny Bastiandy | Nusantara
Dinkes Cianjur Akan Tambah Sentra Vaksinasi Covid-19 Di Tingkat Kecamatan

MI/Benny Bastiandy
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Gedung Pemuda, Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan segera menambah sentra vaksinasi covid-19 di tingkat kecamatan. Sentra vaksinasi ini utamanya didirikan di wilayah yang memiliki jumlah penduduk cukup tinggi.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, menjelaskan keberadaan sentra vaksinasi relatif cukup efektif mempercepat akselerasi capaian. Karena itu perlu dilakukan penambahannya di setiap kecamatan.

"Kita berencana menambah sentra-sentra vaksin di kecamatan yang jumlah penduduknya banyak tapi fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasinya kurang," terang Irvan ditemui di sela kegiatan vaksinasi dalam rangka Hari Perhubungan Nasional di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Senin (20/9).

Dinkes Cianjur sudah mengidentifikasi di beberapa tempat yang dipandang perlu tersedia sentra vaksinasi. Diantaranya di Kecamatan Cipanas, Pacet, Sukaresmi, serta Ciranjang.

"Di Karangtengah sudah dibentuk. Kemudian di Cianjur juga sudah. Ada kurang lebih lima sentra vaksin yang akan kita siapkan," jelas Irvan.

Namun, jelas Irvan, dengan segera ditambahnya lagi sentra vaksinasi, maka harus dibarengi dengan keberadaan vaksinator. Sedang diupayakan dengan nanti bertambahnya sentra vaksin tidak merekrut vaksinator dari fasilitas kesehatan milik pemerintah. "Kami coba rekrut vaksinator dari fasilitas kesehatan swasta," sebutnya.

Irvan mengaku sudah melakukan pendataan bagi vaksinator dari fasilitas kesehatan nonpemerintah. Seperti yang dilakukan di sentra vaksin di Gedung Pramuka di Kecamatan Karangtengah.

"Di Gedung Pramuka, itu (vaksinator) hampir 80% nakes nonpemerintah, dari swasta. Nanti di Cipanas, Ciranjang, juga demikian (vaksinator dari fasilitas kesehatan swasta)," bebernya.

Kabupaten Cianjur membutuhkan lebih kurang 600 vaksinator seandainya sentra vaksinasi ditambah. Estimasinya, satu sentra vaksin membutuhkan 80-100 orang vaksinator. "Ini (penambahan sentra vaksin) tentu untuk mempercepat cakupan vaksinasi bagi masyarakat yang sekarang antusiasnya sangat luar biasa," jelasnya.

Sejauh ini sentra vaksin di Kabupaten Cianjur berada di Gedung Pemuda di Kecamatan Cianjur dan di Gedung Pramuka di Kecamatan Karangtengah. Di sentra-sentra vaksin itu ditargetkan bisa menyuntikkan 1.500 dosis per hari bagi masyarakat. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Dok Sahabat Ganjar

Rayakan Sumpah Pemuda, Sahabat Ganjar Sebar 3 Ribu Benih Ikan Nila di Sungai Serayu

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 05:36 WIB
Penyebaran benih ikan nilai di Sungai Serayu itu juga dilakukan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-53 Ganjar...
MUI/Depi Gunawan

Awas, Jalur Wisata Lembang Rawan Longsor

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:37 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Jawa Barat mengeluarkan peringatan bahaya cuaca ekstrem di kawasan Lembang,...
MI/Dwi Apriani

Pemkot Palembang Optimistis Capai 100 Persen Vaksinasi Pada Akhir Tahun

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:31 WIB
WAKIL Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (27/10) meninjau vaksinasi yang digagas Pramuka Palembang berkerja sama dengan Pemkot...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya