Senin 20 September 2021, 17:12 WIB

Gibran Dapat Gelar Bangsawan Dari Raja Solo

Widjajadi | Nusantara
Gibran Dapat Gelar Bangsawan Dari Raja Solo

MI/Widjajadi
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) memberi hormat kepada Raja PB XIII saat penyematan gelar bangsawaan Keraton Solo.

 

WALI KOTA Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar bangsawan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mendapat gelar Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro.

"Ini suatu kehormatan bagi saya," ungkap Gibran usai memperoleh sematan gelar kebangsawanan dari Raja Pakoe Boewono XIII di Bangsal Paradyo, Senin (20/9).

Gibran mengaku sama sekali tidak menduga, kalau usai meninjau vaksinasi covid-19 yang diikuti 15 ribu warga Solo di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta hari ini, akan menerima gelar sebagai bangsawan. Ia yang saat peninjauan masih mengenakan seragam Satpol PP oleh sentanadalem, diarahkan memasuki tembok besar keraton menuju Bangsal Paradyo Keraton Kasunanan.

Di ruang pertemuan, sudah ada Sinuhun PB XIII bersama permaisuri dan sejumlah sentanadalem, diantaranya Pengageng Parentah Keraton Kasunan KGPH Dipokusumo. Sejenak kemudian terjadi dialog, dan Raja PB XIII yang sudah sepuh itu  memperlihatkan serat kekancingan gelar, untuk Wali Kota Solo itu.

"Tanpa persiapan, saya pun masih memakai sragam Satpol PP. Karena sebelum meninjau vaksinasi di Pagelaran Keraton, saya memimpin apel Satpol PP," tukas ayah dari Jan Ethes dan Lalembah Manah itu dengan senyum simpul.

Gibran saat disematkan gelar, tidak mengenakan pakaian adat Jawa jangkep, yang menjadi tradisi bagi tokoh yang dianggap berjasa atas pelestarian budaya dan adat keraton. Namun, Pengageng Parentah Keraton Kasunanan KGPH Dipokusumo tidak mempermasalahkan persoalan Gibran yang tidak mengenakan pakaian adat.

"Ya gelar langsung diserahkan oleh Sinuhun," kata dia tanpa memberikan alasan tentang pemberian gelar yang sangat mendadak itu. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Semen Gresik Gelar Istihosah Bersama Santri di Rembang

👤Haryanto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:30 WIB
PT.SEMEN Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW...
MI/Widjajadi

Klaster Covid-19 PTM di Solo ditemukan di SD dan SMP

👤Widjajadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:23 WIB
PEMBELAJARAN Tatap Muka (PTM) di Kota Solo memunculkan klaster covid-19 baru...
Masjid Kudus

Satpol PP Kudus Ingatkan Jangan Beri Uang pada Pengemis Atau Didenda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:04 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengingatkan masyarakat agar tidak memberikan uang kepada pengemis maupun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya