Sabtu 18 September 2021, 22:05 WIB

Staf Khusus Wapres Resmikan Tambak Udang untuk Ekonomi Kerakyatan

mediaindonesia.com | Nusantara
Staf Khusus Wapres Resmikan Tambak Udang untuk Ekonomi Kerakyatan

Ist
Peresmian budi daya tambak udang vaname di Desa Babakan, Kawunganten, Cilacap, Jawa tengah.

 

STAF Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Lukmanul Hakim, meresmikan budi daya tambak udang vaname di Desa Babakan, Kawunganten, Cilacap, Jawa tengah, Jumat (17/9).

Dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/9), disebutkan peresmian dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bersama unsur Forkopimda, PT Pertamina, PT Perhutani KPH Banyumas, Arus Baru Indonesia (ARBI), Forkopimcam, pemerintah desa setempat, serta undangan.

Tambak vaname seluas satu hektare dibangun atas kolaborasi ARBI bersama petani tambak rakyat milenial dan Koperasi Sakyeg Saeko Proyo yang didukung oleh PT Pertamina dan PT Perhutani.

Lukmanul Hakim mengungkapkan, Wakil Presiden RI mendorong pemulihan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi Covid-19. Pengembangan tambak udang vaname merupakan salah satu membangkitkan ekonomi rakyat.

Program penguatan ekonomi berbasis kerakyatan ini didasari atas komitmen kemandirian ekonomi sebagai kunci kesejahteraan, sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Kabupaten Cilacap, sebutnya, memiliki potensi luar biasa untuk sektor perikanan budidaya, khususnya udang vaname. Namun untuk membangun potensi tersebut membutuhkan kontribusi seluruh stakeholder.

“Di tengah pandemi Covid-19 dibutuhkan skema kebersamaan pembangunan. Di Cilacap, sektor perikanan budidaya udang vaname memiliki potensi yang luar biasa,” kata Lukman yang didampingi Asisten Stafsus Wapres Guntur Subagia Mahardika dan Dhika Yudhistira.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menjelaskan, Kabupaten Cilacap memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sebagai wilayah pesisir dengan garis pantai lebih dari 170 km, udang vaname berpotensi menjadi salah satu penunjang pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Kabupaten Cilacap memiliki empat potensi industri besar, salah satunya pangan pertanian dan perikanan udang vaname. Kami optimistis udang vaname bisa berkembang guna menghadirkan kemandirian ekonomi,” tegas Wabup.

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Cilacap, Edward Manaor Siahaan, menyebutkan dukungan tersebut dalam bentuk bantuan pembuatan tambak udang vaname seluas 1 hektare yang mampu menyerap setidaknya 40 orang petambak. 

“Bantuan dalam bentuk swakelola, disalurkan sejak Juni 2021 sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Diharapkan bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Pertamina berkomitmen menjalankan fungsinya melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di seluruh wilayah operasi di Indonesia.

Pengurus Arus Baru Indonesia (ARBI) Guntur Subagja Mahardika mengajak Pertamina dan Perhutani untuk mengoptimalkan lahan-lahan tidak produktif untuk pengembangan ekonomi rakyat, sehingga masyarakat produktif dan bangkit di tengah pandemi Covid-19.

"Tambak vaname ini tahap awal sebagai piloting project dari rencana sebelumnya 10 hektare dan bisa diperluas dengan mengoptimalkan lahan-lahan tidak produktif," ungkap Guntur.

ARBI melakukan pembinaan dan pelaksanaannya dilakukan masyarakat.

Ketua Tim Pendamping Budi Daya Udang Vaname, Gilang Sakti Perdana, berharap pembangunan ekonomi tidak hanya menjadi slogan di setiap siklus pemerintahan. Harus ada gerakan nyata yang hadir di masyarakat.

Budi daya tambak udang tersebut dikelola oleh kelompok masyarakat, di atas lahan PT Perhutani. Dari total lahan Perhutani di Kabupaten Cilacap.

“Perhutani berkomitmen mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan, melalui naskah-naskah kesepakatan pengelolaan lahan Perhutani, guna mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat pesisir,“ jelas ADM Perhutani KPH Banyumas, Toni Kuspuja. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Insentif Guru Keagamaan di Jateng Diharapkan Bisa diterapkan di Level Nasional

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 23 September 2023, 18:00 WIB
Fathuz mengatakan semua guru keagamaan dari Sabang sampai Merauke mesti merasakan program tersebut, terutama bagi mereka yang mengajar di...
MI/Adam Dwi

Harga Beras di Sukabumi Masih Stabil

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 23 September 2023, 17:30 WIB
Data Diskumindag, per Sabtu (23/9), harga beras jenis premium di kisaran Rp14 ribu per kg, jenis medium kisaran Rp13 ribu per kg, Ciherang...
Dok. PPP

Datang ke Aceh, Mardiono Tekankan Kader Untuk Antarkan Kesejahteraan Rakyat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 23 September 2023, 17:15 WIB
“Saya menyampaikan kepada para kader bahwa kami semua hadir di sini untuk berjuang, megantarkan kesejahteraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya