Rabu 15 September 2021, 14:10 WIB

Curah Hujan Tinggi, Pemda di Sumsel Diminta Optimalkan Kembali Fungsi Drainase

Dwi Apriani | Nusantara
Curah Hujan Tinggi, Pemda di Sumsel Diminta Optimalkan Kembali Fungsi Drainase

MI/Andri
Ilustrasi

 

CURAH hujan saat ini cukup tinggi terjadi di Sumatra Selatan. Untuk itu, pemerintah daerah se-Sumsel diimbau dapat mengoptimalkan kembali fungsi drainase dan tanggul sungai yang ada untuk menanggulangi bencana banjir.

''Bencana banjir hampir terjadi di semua daerah, pengoptimalan drainase di wilayah resapan harus dilakukan. Termasuk tanggul-tanggul penahan luapan air sungai juga harus dipastikan kokoh,'' kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan, Iriansyah, Rabu (15/9/2021).

Ia mengatakan, akan lebih baik bila dilakukan pembangunan infrastruktur tambahan untuk mengurangi risiko atau ancaman bencana banjir  di setiap lokasi yang rawan bencana. Sehingga dampak dari intensitas hujan yang tinggi seperti kerusakan bangunan hingga jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam ini tidak sampai terjadi. ''Sebab bencana alam tidak bisa diprediksi sewaktu-waktu bisa terjadi tapi kita bisa mengurangi resiko ancaman itu,'' ujarnya.

Dalam hal ini Kota Palembang menjadi salah satu daerah rawan banjir, yang direkomendasikan untuk segera melakukan pengoptimalan fungsi drainase dan penataan daerah resapan air. Sebab berdasarkan pada hasil koordinasi dan evaluasi dengan pemerintah setempat, drainase yang ada salurannya kecil dan sempit sehingga tidak mampu menampung debit air lalu meluap kepermukaan dengan ketinggian rata-rata 1-1,5 meter. ''Sudah kami rekomendasikan kepada OPD terkait kota Palembang,'' ungkapnya.

Begitu juga untuk daerah dengan potensi bencana yang sama lainya atau bahkan ancaman bencana hidrometeorologi nya lebih kompleks. Di antaranya Ogan Komering Ulu Selatan, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu Timur, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat Tanjung Sakti Pumi, Pagaralam dan Empat Lawang Pendopo lintang, juga diimbau hal yang sama.

''Pada prinsipnya bencana ini adalah urusan bersama, kesiapsiagaan tetap kami lakukan dengan menjaga sistem komunikasi dan koordinasi bersama semua stakeholder termasuk masyarakat,'' tandasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

MI/Marcelinus Kelen

Gubernur Papua Ungkap Dukacita Atas Tewasnya Nakes di Kiwirok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 17 September 2021, 09:49 WIB
Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang diharapkan memperhatikan kebutuhan korban selamat dalam peristiwa...
MI/Yoseph Pencawan

Bandara Kualanamu Cari Investor untuk 3 Proyek

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 17 September 2021, 07:50 WIB
Mitra strategis akan menjadi pemegang saham maksimal 49 persen di PT Angkasa Pura Aviasi, sementara sebesar 51 persen saham akan dikuasai...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 16 Orang, 24 Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 17 September 2021, 07:45 WIB
Dari 16 kasus terkonfirmasi positif, 6 orang adalah kontak erat, 1 tertular di luar daerah, dan 9 orang lainnya tertular di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya