Rabu 15 September 2021, 21:26 WIB

Lamongan Percepat Vaksinansi Untuk Pemulihan Sektor Ekonomi

M Yakub | Nusantara
Lamongan Percepat Vaksinansi Untuk Pemulihan Sektor Ekonomi

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mempercepat target vaksinasi untuk mendukung pemulihan sektor ekonomi. Hingga saat ini capaian vaksin dosis pertama sudah mencapai 38,97% dan 14,28% dosis kedua.

Berdasarkan data dashboard S1 Satu Data Covid Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), pencapaian vaksinasi harian Kabupaten Lamongan 30.098 dosis. Dengan data per 13 September itu capaian Lamongan tertinggi di Jawa Timur, disusul Kota Surabaya 28.423 dosis dan Kabupaten Gresik 24.166 dosis.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan pihaknya akan mempercepat pencapaian target 70% vaksinasi dosis pertama. Selain itu Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan saat ini juga mempercepat kelompok lansia yang divaksin agar bisa mencapai setidaknya 60 persen.

"Saya sampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan, TNI Polri dan relawan yang terus bersinergi dalam percepatan vaksinasi ini," ungkapnya, Rabu (15/9).

Pemkab Lamongan sebelumnya sudah melakukan pelatihan pada ribuan relawan desa sebagai petugas input data di setiap desa. Ini adalah salah satu strategi untuk meningkatkan capaian vaksinasi harian.

Ditambahkannya, penanganan Covid-19 yang terkendali berbanding lurus dengan pemulihan ekonomi. Saat ini, Maharani Zoo dan Gua Lamongan (Mazoola) masuk dalam salah satu obyek wisata outdoor Indonesia yang dibuka untuk umum.

Hal ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat seperti penggunaan aplikasi pedulilindungi. Selain Mazoola, Lamongan memiliki sejumlah wisata outdoor lain yang di kelola oleh BUMDes masing-masing desa.

Ia mengungkapkan pemulihan ekonomi juga diharapkan bisa terjadi melalui sektor UMKM. Dalam program tersebut, Pemkab juga giat mengkampanyekan tagar Ayo Beli Produk Lamongan dan Ayo Ditumbasi. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/LILIK DARMAWAN

Pemkab Badung Berencana Mereplikasi Teknologi RDF untuk TPST Mengwitani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 19:04 WIB
Upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah di wilayah itu sebagai langkah antisipasi penutupan Tempat Pembuangan Akhir...
Dok MI

Kulon Progo Gelar Pasar Tani Libatkan 12 Kelompok Wanita

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 16:50 WIB
Petani tidak hanya bisa menanam, tapi juga bisa menjualnya dan bisnis dalam program pasar...
Ist

Anak-anak di Lima Desa, Timor Tengah Selatan, NTT Dapat Bantuan Nutrisi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 16:42 WIB
Program Desa Berdaya Generasi Maju bertujuan untuk menyiapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi maju melalui penyediaan akses...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya