Rabu 15 September 2021, 19:25 WIB

Sembilan Kabupaten Di NTT Alami Kemarau Panjang

Palce Amalo | Nusantara
Sembilan Kabupaten Di NTT Alami Kemarau Panjang

ANTARA
Ilustrasi

 

STASIUN Klimatologi Kelas II Kupang, Nusa Tenggara Timur kembali mengingatkan masyarakat untuk menghemat air. Peringatan itu menyusul kemarau panjang yang masih melanda daerah itu.

Sebanyak sembilan kabupaten masih mengalami hari tanpa hujan ekstrem atau lebih dari 60 hari. Kondisi tersebut masih berlangsung sampai Dasarian III September 2021 meliputi 62 kecamatan masuk kategori awas, 23 kecamatan masuk kategori siaga, dan 58 kecamatan waspada.

Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, Rahmattulloh Aji mengatakan, mengatakan umumnya wilayah NTT mengalami hari tanpa hujan kategori pendek atau 1-5 hari, namun beberapa wilayah mengalami hari tanpa hujan ekstrem.

Selain itu, peluang hujan di wilayah NTT sangat rendah atau kurang dari 20 milimeter per dasarian dengan peluang 71-100 persen. "Daerah-daerah perlu melakukan antisipasi seperti budidaya pertanian tidak membutuhkan banyak air, waspada kebakaran hutan, lahan dan semak, serta hemat penggunaan air," ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara/Iggoy el Fitra.

Sumbar Ingin Geopark Ranah Minang Masuk UNESCO Global Geopark

👤Yose Hendra 🕔Jumat 24 September 2021, 15:45 WIB
Ada 11 kabupaten dan kota di Sumbar yang memiliki kekayaan berupa keunikan geologi, unsur arkeologi, ekologi dan budaya yang dikenal dengan...
MI/Gabriel Langa

Diguyur Hujan Tujuh Jam Ribuan Rumah di Ende Kebanjiran

👤Ganrile Langga 🕔Jumat 24 September 2021, 14:00 WIB
HUJAN deras mengguyur wilayah Kabupaten Ende, NTT sejak pukul 10.00 -17.00 Wita, mengakibatkan ribuan rumah tergenang...
Antara

Vaksinasi Covid-19 di Palangka Raya Sasar Kalangan Pesantren

👤Surya Sriyanti 🕔Jumat 24 September 2021, 13:40 WIB
SELAMA dua hari, sejak Kamis dan Sabtu (23- 25 September) tercatat 2.500 santri di Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengikuti vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya