Minggu 05 September 2021, 12:37 WIB

Babel Siap Manfaatkan Thorium untuk Pembangkit Energi

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Siap Manfaatkan Thorium untuk Pembangkit Energi

Dok PLN
Ilustrasi pembangkit listrik

 

GUBERNUR Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengungkapkan Babel diberikan anugerah dengan sumber daya thorium yang melimpah, sehingga hal ini harus diberdayakan dengan dimanfaatkan sebagai pembangkit energi.

Dikarenakan, dengan kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Thorium tersebut akan membuat tarif listrik turun, efisien, dan ramah lingkungan sehingga menguntungkan bagi masyarakat maupun industri di Bangka Belitung juga untuk Negeri Indonesia.

Ia meyakini pertumbuhan ekonomi di Babel akan meningkat dengan kehadiran PLTT ini, dengan tarif listrik yang murah akan menjadi daya saing yang dimiliki Indonesia di era global saat ini.

"Sehingga saya harap para peneliti berperan untuk meyakinkan agar kehadiran PLTT betul-betul dapat diterima masyarakat, dan juga meyakinkan pemerintah pusat bahwa kehadiran PLTT merupakan suatu keharusan, energi terbarukan yang murah, efesien dan berwawasan lingkungan," kata Erzaldi, Minggu (5/9).

Baca juga:  Dalam Atasi Covid-19, Pemprov Babel Berencana Lakukan Survei Serologi

Senada dengan gubernur, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS Kuncoro Diharjo juga mengatakan thorium merupakan masa depan untuk Indonesia, dengan berbagai keunggulan yakni aman, murah, dan ramah lingkungan.

"Ke depan setelah penelitian survei ini tahap selanjutnya ada sinergitas antara UNS, UBB, dan ThorCon International Pte. Ltd selaku pihak yang berencana pengembangan PLTT di Babel," ucapnya.

Ditambahkan, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UBB 
Sri Rahayu yang Rektor UBB menyebut pihaknya mendukung pembangunan ini dikarenakan potensi thorium yang melimpah di Babel. Selain itu, thorium akan dimanfaatkan dan digunakan untuk menggantikan penggunaan batu bara.

Dari segi ekonomi, dengan adanya PLTT di Babel juga akan berpotensi menurunkan tarif listrik. Ini membawa dampak positif bagi industri elektronik berbasis IT.(OL-5).


 

Baca Juga

Ant/Jojon

Dinkes Temanggung Siapkan Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

👤Tosiani 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:40 WIB
DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berinisiatif menambah jadwal vaksinasi covid 19 pada malam...
MI/Widjajadi

KSAU Lantik 207 Perwira Setukpa Angkatan XXV

👤Widjajadi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:15 WIB
TNI Angkatan Udara siapkan prajurit yang mampu menjawab tantangan kompleks di tengah dinamika lingkungan strategis dan kemajuan...
MI/Adi Kristiadi

Kepingin Divaksin Covid meski Stroke Nana Rela Bejalan Kaki 3 Km

👤Adi kristiadi 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:10 WIB
NANA, warga Rancageneng, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari, yang stroke berjalan kaki sejauh 3 kilometer mendatangi gerai vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya