Rabu 01 September 2021, 22:50 WIB

Penuhi Persyaratan Ekspor, Kakao Jembrana Tembus Pasar Jepang

Arnoldus Dhae | Nusantara
Penuhi Persyaratan Ekspor, Kakao Jembrana Tembus Pasar Jepang

MI/Arnoldus Dhae
Petugas dari Kantor Karantina Denpasar melakukan pemeriksaan kakao sebelum diekspor ke Jepang.

 

KAKAO Jembrana Bali merupakan salah satu komoditas unggulan yang sudah diekspor ke berbagai negara. Kali ini, perluasan pangsa pasar kakao Jembrana diperluas ke Asia Timur, tepatnya ke Jepang.

Komoditas pertanian asal Jembrana, Bali, ini mempunyai keunggulan tersendiri karena petani melakukan pengolahan pascapanen sedikit
berbeda melalui teknik fermentasi. Selain itu, Jepang juga mempersyaratkan kakao tersebut terjamin keamanan pangannya.

Setelah beberapa kali contoh kakao Jembrana dikirim ke Jepang, kali ini petani kakao jembrana dapat menarik napas lega karena komoditasnya sudah bisa diekspor dalam jumlah besar.

Pada Rabu (1/9/2021), pejabat  Karantina Pertanian Denpasar melakukan pemeriksaan terhadap 2 ton kakao asal Jembrana dengan nilai ekspor Rp140 juta. Selain Jepang, pasar kakao Jembrana juga sudah menembus pasar Jerman, Amerika Serikat, Austria, Portugis, Maroko, Saudi Arabia, Singapore, Korea Selatan, dan Belgia. Di masa pandemi sekarang, dari data Iqfast, ekspor komoditas kakao dari Jembrana sudah mencapai 5,3 ton.

''Sesuatu yang sangat menggembirakan di tengah situasi pandemi para petani kakao organik Jembrana dibawah binaan Koperasi Kerta Semaya masih mampu melakukan ekspor ke Belgia, dan saat ini luar biasanya bisa menembus pasar Jepang sehingga diharapkan benar-benar akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali dari sektor pertanian," ungkap Terunanegara, Kepala Karantina Pertanian Denpasar di ruang kerjanya.

Dengan adanya berbagai ekspor komoditas pertanian dari Bali, diharapkan dapat mendongkrak roda ekonomi dan menarik minat kalangan muda untuk terjun ke bidang pertanian. Ia meminta kepada petani agar terus mempertahankan kualitas kakao sehingga makin merambah ke berbagai negara di dunia. (OL/OL-10)

Baca Juga

MI/HO

Kendalikan Inflasi, Pj Wali Kota Banda Aceh Sidak Pasar Tradisonal Terbesar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:29 WIB
Pergerakan harga, sambung Bakri, harus direspons dengan operasi pasar pada pekan depan. Ia memproyeksikan harga dan stok barang bisa stabil...
MI/HO

Bupati Freddy Dorong KKST Hidupkan Sektor Pertanian dan Perikanan di Kaimana

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:12 WIB
Freddy mengatakan, kolaborasi membangun perekonomian sejalan dengan Presiden Jokowi dalam Rakor dengan...
MI/VOUCKE LONTAAN

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto Serahkan Dana Siap Pakai Pasca Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Minggu 29 Januari 2023, 17:27 WIB
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, memaparkan warga yang terdampak banjir dan tanah longsor sebanyak 313 kepala keluarga dan 9.382...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya