Senin 30 Agustus 2021, 14:25 WIB

Tanaman Porang di Bali Makin Meluas, Capai 942 Hektare

Ruta Suryana | Nusantara
Tanaman Porang di Bali Makin Meluas, Capai 942 Hektare

MI/Alexander
Porang

 

BELAKANGAN ini, semakin luas lahan tempat porang ditanam di wilayah Bali karena kian diminati kalangan petani. Berdasarkan data tahun 2020, luas tanam tanaman porang di Bali sudah mencapai 942 hektare menyebar di seluruh Bali.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Sunartha mengatakan tanaman porang di Bali sudah menyebar hampir seluruh kabupaten di Bali, seperti Buleleng, Tabanan, Jembrana, Klungkung, Karangasem dan lainnya.

''Dengan luas lahan tanam 942 hektare pada 2020, jumlah petaninya mencapai ribuan orang karena lahan kepemilikan atau garapan petani rata-rata tidak terlalu luas yang  di kisaran 25 are  per orang,'' ujar Sunartha saat dihubungi Senin (30/8).

Pemprov Bali, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah merealisasikan bantuan bibit porang kepada dua kelompok tani masing-masing di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan. ''Bantuannya masing-masing 300 kg bullbil atau katak untuk 1 hektare lahan tanam di dua kabupaten tersebut,'' ujarnya.

Tahun depan, kata Sunartha rencana ada bantuan bibit bulbil dari pusat untuk 500 hektare lahan tanam di Bali. ''Kalau bantuan itu terealisasi akan kami sebar ke seluruh petani di Bali,'' ujarnya.

Ditanya kendala pengembangan porang di Bali, menurut Sunartha soal permodalan karena cukup mahal.  Untuk harga bibit berkisar Rp150 ribu/kg tergantung ukurannya. Terkait tingkat produksi, Sunartha menyebut rata-rata mencapai 30 ton/hektare.  (RS/OL-10)
 

Baca Juga

dok @ridwankamil

Dua Pejabat Indramayu Segera Disidangkan Terkait Korupsi Alun-Alun Jatibarang

👤Nurul Hidayah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:42 WIB
DUA pejabat Kabupaten Indramayu yang tersangkut kasus dugaan korupsi pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) alun-alun di Kecamatan...
ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Pacar Almarhumah Novia Widyasari Dipecat dari Kepolisian

👤Reporter: Sri Rusdiyanto/Penulis: MUHARDI 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:36 WIB
Tersangka kasus pemaksaan aborsi terhadap Novia Widyasari dipecat dari kesatuan Polri. Hasil sidang kode etik, Bripda Randy mendapat sanksi...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Pastikan Stok Minyak Goreng Satu Harga Aman

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:30 WIB
 DARI distributor ke ritel atau pedagang setidaknya butuh waktu semingguan untuk stok yang ada bisa stabil. Jadi diharapkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya