Senin 30 Agustus 2021, 20:23 WIB

PTM Terbatas Di Purwakarta Dimulai 6 September Mendatang

Reza Sunarya | Nusantara
PTM Terbatas Di Purwakarta Dimulai 6 September Mendatang

MI/Reza Sunarya
Ilustrasi PTM terbatas.

 

PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menjadwalkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas mulai 6 September 2021. Namun PTM hanya akan digelar di kecamatan berzona hijau, kuning, dan oranye.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Unsur forkopinda untuk mematangkan persiapan PTM Terbatas di wilayah Kabupaten Purwakarta, Senin (30/8). Adapun satuan pendidikan yang boleh melaksanakan PTM terbatas pada gelombang pertama mulai 6 September 2021 hanya untuk wilayah yang berstatus zona hijau, kuning dan oranye. Sedangkan untuk satuan pendidikan yang berada di zona merah keputusannya menunggu hasil evaluasi pelaksanaan PTM terbatas 20 September 2021 mendatang,

Menurut Anne, setiap sekola yang melaksanakan PTM Terbatas akan di pantau oleh Satgas Covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka agar semua berjalan lancar sesuai protokol kesehatan.

"Untuk sekolah percontohan pembelajaran tatap muka ini akan dikembalikan lagi kepada sekolah yang sudah vaksin dan segala aspek kesiapannya. Sebab disini sifatnya kehati-hatian jangan sampai nanti ada klaster sekolah yang menjadi episentrum baru," kata Anne.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, dari hasil monitoring kesiapan satuan pendidikan yang dilaksanakan oleh dinasnya, diperoleh data; jenjang SD yang siap melaksanakan PTM Terbatas sebanyak 279 sekolah dari 413 sekolah atau 67%.

"Untuk jenjang SMP yang siap melaksanakan PTM Terbatas sebanyak 77 sekolah dari 113 sekolah atau 68%. Sedangkan untuk PAUD akan dievaluasi lebih lanjut," kata Purwanto.

Adapun jumlah sekolah yang diajukan untuk dilaksanakan PTM terbatas tingkat SD sebanyak 153 sekolah dan tingkat SMP sebanyak 35 sekolah.

Sedangkan bagi satuan pendidikan yang tingkat kesiapannya belum 100%, Dinas Pendidikan Purwakarta mendorong kesiapannya sehingga nantinya akan dievaluasi kembali untuk dapat diajukan melaksanakan PTM terbatas pada gelombang kedua.

Dijelaskan Purwanto, teknis Pelaksanaan PTM Terbatas untuk jenjang SD dan SMP dilaksanakan dengan sistem shift. Jumlah siswa setiap kelas maksimal 50% tiap rombel (rombongan belajar) dengan mengacu kepada panduan pelaksanaan PTM terbatas SKB 4 Menteri.

Di Kabupaten Purwakarta tercatat sampai dengan saat ini sebanyak 4.324 siswa sudah di vaksin atau 11,22% dari total 38.538 siswa SMP. Dinas Pendidikan mengusulkan untuk pelaksanaan vaksinasi pelajar agar diutamakan sekolah-sekolah yang berada di zona merah, agar percepatan pelaksanaan PTM Terbatas dapat dilaksanakan untuk seluruh kecamatan di Purwakarta. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

BNNK Sleman Tangkap Pengecer Narkoba di Desa Bersih Narkoba

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:17 WIB
BNN Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pria berinisial TAU, warga Mlati, Sleman, karena kedapatan menyimpan puluhan...
dok.Ant

Kasus Covid-19 Kota Semarang dan Pekalongan Muncul Lagi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:00 WIB
KASUS covid-19 Kota Semarang muncul lagi hingga capai 30 kasus dan Kota Pekalongan empat kasus baru, setelah cukup lama zero...
ANTARA FOTO

Hama Kutu Putih Serang Alpukat Pasaman

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 06:20 WIB
Hama kutu putih membuat hasil panen alpukat merosot, jika biasanya dalam satu hari bisa panen 8 ton alpukat per hektare kini maksimal hanya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya