Selasa 24 Agustus 2021, 23:43 WIB

Pemkot Manado Kembangan Bank Sampah untuk Tingkatkan Perekonomian

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkot Manado Kembangan Bank Sampah untuk Tingkatkan Perekonomian

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Ilustrasi

 

Pemerintah kota (Pemkot) Manado, mengembangkan bank sampah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus ikut menyelesaikan masalah persampahan di daerah tersebut.

"Saat ini Pemkot Manado masih menggunakan sistem collecting, dimana sampah masyarakat dikumpulkan di kecamatan selanjutnya dibawa ke TPA Sumompo. Kehadiran bank sampah ini menjadi solusi mengurangi sampah ke TPA," kata Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, saat peluncuran bank sampah 'Maju Sejahtera', di Malalayang, Selasa (24/8).

Dengan adanya bank sampah, otomatis pemilahan sampah akan terjadi, sehingga mengurangi penumpukan sampah di TPA Sumompo.

Selain itu, yang paling utama adalah dengan adanya bank sampah, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat karena dapat menambah pendapatan nasabah bank sampah, yakni warga Malalayang.

Karena itu Sualang menyampaikan terima kasih kepada pengelola bank sampah serta apresiasi yang tinggi kepada pihak ketiga yang sudah bersedia bekerja sama untuk mendukung kelangsungan bank sampah itu.

Camat Malalayang, Rein Heydemans mengatakan, bank sampah dibuat dengan tujuan mengurangi sampah yang akan dibawa ke TPA Sumompo, karena mengalami pemilahan.

"Sampah yang kami bawa ke Sumompo akan berkurang dan bisa menambah pendapatan masyarakat, karena sampah menjadi bernilai ekonomis dalam arti dibeli," katanya.

Sudah ada pihak ketiga yang menghubungi pengelola bank sampah, yakni pemerintah kecamatan Malalayang untuk makin mengembangkannya, sehingga bisa mendorong perbaikan ekonomi masyarakat, terutama di masa PPKM.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Kang Emil Berhasil Bantu Penjual Lukisan di Braga Lewat NFT

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:35 WIB
Lukisan yang biasanya hanya bisa laku Rp500 ribu-Rp1juta berhasil dijual Kang Emil dengan harga Rp2,4...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Platform Digital Tokopedia Bantu Usaha Mikro di Jawa Barat Sukses Hadapi Pandemi

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:20 WIB
Sejumlah mitra Tokopedia yang memanfaatkan market place tersebut sebagai sarana dalam memasarkan...
MI/Dwi Apriani

BIN Sumsel dan Pemkab OKU Gelar Vaksinasi Booster

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 26 Januari 2022, 21:44 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar vaksinasi Covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya