Minggu 22 Agustus 2021, 18:45 WIB

Dinas Kesehatan Vaksinasi Usia 12-17 Tahun di KotaTasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
Dinas Kesehatan Vaksinasi Usia 12-17 Tahun di KotaTasikmalaya

Antara
ilustrasi

 

DINAS Kesehatan terus berupaya melakukan pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran target remaja usia 12-17 tahun yang berada di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kegiatan vaksinasi tersebut, akan dilakukan sesuai ketersediaan vaksin dan kemampuan petugas vaksinator di setiap puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, terdapat beberapa strategi pelaksanaan vaksinasi yang selama ini dilakukan kepada remaja. Salah satunya itu mengundang para siswa sekolah supaya mereka datang ke puskesmas untuk menjalani vaksinasi.

"Selama ini, ada beberapa puskesmas sudah mengundang sekolah untuk melaksanakan vaksinasi terhadap siswa dan mereka dijadwal datang ke puskesmas karena selama ini juga harus disesuaikan dengan kuota yang tersedia di setiap puskesmas. Akan tetapi, pelaksanaan tersebut juga harus melihat kemampuan para petugas vaksinator dalam kegiatan tersebut," katanya, Minggu (22/8/2021).

"Vaksinasi remaja secara massal selama ini juga telah beberapa kali digelar oleh instansi lainnya, seperti Polres Tasikmalaya Kota, TNI AU, Kodim 0612 Tasikmalaya yang melakukan vaksinasi dengan menyasar ke lingkungan pesantren terutama para santri berusia remaja dan sejauh ini antusias remaja yang menjalani vaksinasi cukup tinggi," ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 masih terus dilakukan terhadap remaja berusia 12-17 tahun termasuknya masyarakat umum, lansia dan ibu hamil (bumil) dengan target sasaran 3.862 orang tetapi bagi usia remaja akan tetap dilakukan secara bertahap. Namun, vaksinasi yang selama ini dilakukannya masih ada orang tua belum mau anaknya divaksin dan petugas tetap akan memberikan pemahaman hingga edukasi kepada mereka.

"Untuk total remaja berusia 12-17 tahun yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama baru 7.809 orang atau sekitar 10,57% dengan target sasaran 73.849 orang dan remaja yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua 1.144 orang atau 1,55% dari sasaran, Lansia yang menjalani vaksinasi dosis pertama baru 12.029 orang atau 20,55% dengan target 58.522 orang dan yang menjalani vaksinasi dosis kedua 9.029 orang atau 15,43%," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

dok pribadi

Siskaeee Pintar Ngaji dan Cerdas Sejak Kecil

👤RO/Micom 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:20 WIB
Hidup Siskaeee pahit karena yatim...
Dok. Sahabat Ganjar

Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:17 WIB
Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bali Berikan Donasi ke Penyintas Kanker dan Penyandang Disabilitas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:14 WIB
"Bantuan diharapkan dapat bermanfaat untuk rumah singgah Tapasya Stroke Center. Semoga para penderita di sini bisa sembuh seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya