Kamis 19 Agustus 2021, 19:11 WIB

Dinas Lingkungan Hidup Cianjur Tangkap Pembuang Limbah B3

Benny Bastiandy | Nusantara
Dinas Lingkungan Hidup Cianjur Tangkap Pembuang Limbah B3

Medcom
Ilustrasi

 

WILAYAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kerap dijadikan tempat pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Beberapa kali petugas Dinas Lingkungan Hidup setempat menangkap para pelakunya yang kebanyakan berasal dari luar daerah.

Kepala Seksi Penegakkan Hukum Lingkungan DLH Kabupaten Cianjur, Dindin Solihin, mengatakan setidaknya sudah ada 4 kasus pembuangan limbah B3 yang dibuang sembarangan tempat di wilayah Kabupaten Cianjur. Para pelakunya berhasil ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT). "Yang kena OTT buang limbah B3 itu ada sekitar 4 kasus," kata Dindin, Kamis (19/8).

Hasil interogasi, lanjut Dindin, pelaku pembuangan limbah itu kebanyakan berasal dari Bandung. Sedianya mereka akan mengirimkan limbah B3 itu ke Sukabumi.

"Namun karena Cianjur itu merupakan daerah perlintasan, pada akhirnya para pelaku membuangnya di Cianjur. Rata-rata dibuang di ruas Jalan Lingkar Timur yang berstatus milik provinsi. Pelakunya kebanyakan berasal dari Bandung," tegasnya.

DLH Kabupaten Cianjur sendiri menggencarkan patroli hampir setiap hari. Utamanya pada malam hingga menjelang pagi karena para pelaku pembuangan limbah B3 biasanya beroperasi pada rentang waktu itu. "Ada patroli dari Seksi Transportasi Pengangkutan Sampah," ungkapnya.

Selain menangkap pelaku pembuang limbah B3, kata Dindin, personel DLH Kabupaten Cianjur juga menangkap pelaku pembuangan limbah domestik. Para pelakunya dijerat pasal tindak pidana ringan (tipiring).

"Kami serahkan langsung ke Pengadilan Negeri Cianjur. Ada sekitar 5 perkara tipiring OTT buang sampah atau limbah domestik," pungkasnya. (BK/OL-15)

 

Baca Juga

dok pribadi

Siskaeee Pintar Ngaji dan Cerdas Sejak Kecil

👤RO/Micom 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:20 WIB
Hidup Siskaeee pahit karena yatim...
Dok. Sahabat Ganjar

Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:17 WIB
Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bali Berikan Donasi ke Penyintas Kanker dan Penyandang Disabilitas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Desember 2021, 00:14 WIB
"Bantuan diharapkan dapat bermanfaat untuk rumah singgah Tapasya Stroke Center. Semoga para penderita di sini bisa sembuh seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya