Senin 16 Agustus 2021, 08:45 WIB

Protes Jalan Rusak, warga Tanam Pisang

Amir MR | Nusantara
Protes Jalan Rusak, warga Tanam Pisang

MI/Amir MR
Batang pisang ditanam pada lokasi kubangan jalan rusak di Desa Lampeunteuet Garot, Kecsmatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

 

PROTES terhadap sikap ketidak pedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, warga Kecamatan Indarjaya, Kabupaten Pidie, menanam batang pisang dalam kubangan badan jalan rusak. Hal ini berlangsung sejak tiga hari terakhir di jalan provinsi yang menghubungkan Kota Sigli-Kampus Jabal Ghafur.

Lokasinya persis di lintasan Desa Lampeunteuet, Kecamatan Indrajaya, Pidie. Padahal itu termasuk jalur sibuk banyak dilintasi truk barang, minibus dan mobil intercooler yang menganggkut pasir galuan C untuk pembangunan Jalan Tol Sibanceh (Tol Sigli-Banda Aceh).

Berdasarkan pengamatan Media Indonesia, sepanjang jalan provinsi itu dari Sigli-Kampus Jabal Ghafur bertaburan puluhan lubang maut yang rawan mengundang kecelakaan lalu lintas. Lubang karena terkrlupas lapisan aspal itu sering tergenang air saat turun hujan.

Pengendara yang melaju kecepatan tinggi sangat sulit menghindari taburan lubang aspal ini. Itu sebabnya sering terjadi kecelakaan atau tabrakan berlawanan arah saat bersamaan mencuri titik jalan yang lumayan bagus.

"Jalur ini pernah di aspal utuh sekitar 11 km, dari Sigli-Jabal Ghafur, pada tahun 1998. Setelah itu hanya tambal sulan, sehingga kalau di sini sudah bagus tentu di lokasi lain masih rusak" kata Abdullah, tokoh Mayarakat Indrajaya, Senin (16/8).

Lebih parah lagi, kerusakan badan jalan setempat bukan saja faktor alam, tapi ada juga akibat kecerobohan manusia. Misalnya ketika pihak PDAM Tita Krueng Baro menggali lubang di atas jalan untuk memperbaiki kerusakan pipa air. Mereka tidak menimbun lagi secara sempurna, apalagi memperbaiki kerusakan asapal bekas galian.

"Sering kendaraan terperosok dalam lubang galian perbaikan jalur pipa PDAM. Masyarakat sangat kecewa dengan kondisi demikian" tambah Ikhwan, pengendara mobil lainnya. (MR/OL-10)

Baca Juga

DOK MI

Bea Cukai Bengkulu Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

👤Marliansyah 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:43 WIB
KANTOR Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Provinsi Bengkulu, menyita sedikitnya 259 ribu batang rokok ilegal berbagai...
DOK MI

Jelang Idul Adha, Jabar Kerahkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

👤Navindri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:29 WIB
PEMPROV Jawa Barat (Jabar) mengerahkan 1.784 Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban (TPKHK) jelang Idul Adha...
ANTARA

Pemkot Palangka Raya Batasi Pembelian Pertalite Di SPBU

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:21 WIB
PEMERINTAH Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan pembatasan  pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite bagi warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya