Kamis 12 Agustus 2021, 15:42 WIB

Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Sulsel Hanya Diikuti 40 Orang

Lina Herlina | Nusantara
Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Sulsel Hanya Diikuti 40 Orang

ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Penjual merapikan bendera dan umbul-umbul dagangannya di Makassar, Sulsel.

 

HARI Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini, kembali dirayakan di masa pandemi Covid-19. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pun akan merayakannya secara terbatas Hal itu sama dengan tahun lalu, diutamakan secara sederhana.

Meski demikian, Ketua Panitia HUT RI Pemprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo menjelaskan, meski terbatas, akan dilakukan penyerahan Satya lencana kepada legiun veteran sebagai tanda kehormatan pada 16 Agustus 2021. Selanjutnya ada pengukuhan Paskibraka.

Rangkaian acaranya kita laksanakan mulai 16 Agustus. Yang pertama tetap penyerahan Satya lencana tanda kehormatan. Selanjutnya jam 12 siang pengukuhan paskibraka di hari yang sama.

"Malamnya jam 23.30 Wita, kita ke Taman Makam Pahlawan untuk renungan suci. Besoknya kita laksanakan upacara jam 8 pagi," jelas Ashari.

Jumlah peserta upacara katanya, dibatasi 40 orang untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menularkan covid-19. Selain itu, para peserta juga wajib menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, mengikuti swab antigen, dan menjaga jarak.

"Sama seperti dulu. Yang dikurangi peserta upacara. Kita di setiap kesatuan sudah kerja sama dengan Kodim Makassar. Jadi setiap kesatuan 5 orang. Makanya itu 40 orang peserta upacara semua. Dengan jarak protokol kesehatannya, jarak 2 meter," kata Ashari.

Terbatasnya peserta, tidak berlaku untuk anggota pasuka pengibar bendera (Paskibra). Tetap dengan formasi lengkap, 8, 17 dan 45 orang.

"Jika nanti sebelum kegiatan ada yang ditemukan positif berdasarkan tes rapid antigen, maka anggota yang bersangkutan akan diganti dengan perwakilan dari daerahnya," tutup Ashari. (LN/OL-09)

Baca Juga

Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Salurkan Donasi dan Beri Edukasi Politik di Ogan Ilir

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:00 WIB
Tidak hanya kegiatan sosial yang dilakukan oleh Sahabat Ganjar. Edukasi untuk ikut serta pada pesta demokrasi di 2024 mendatang juga...
Antara/Akbar Tado

Petani Sawit Sulteng Minta Perusahaan Ikuti Harga TBS Nasional

👤M> Taufan SP Bustan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:45 WIB
Menurut petani, hingga saat ini hampir semua perusahaan kelapa sawit yang ada di Sulteng masih membeli murah TBS...
MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya