Rabu 11 Agustus 2021, 15:05 WIB

Polda Kalteng Amankan Taman Nasional Tanjung Puting dan Sebangau dari Karhutla

Surya Sriyanti | Nusantara
Polda Kalteng Amankan Taman Nasional Tanjung Puting dan Sebangau dari Karhutla

MI/Humas Polda Kalteng
Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo meninjau kesiapan personel dan peralatan padamkan karhutla.

 

PADA musim kemarau tahun ini, Polda Kalteng akan fokus mengawasi dua taman nasional yang ada di Kalteng yakni Taman Nasional Sebangau dan Tanjung Puting. Pasalnya dua taman nasional tersebut masuk dalam peta rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Alhamdulillah sampai hari ini, di dua taman nasional tersebut belum ada laporan terjadinya karhutla. Tentu ini menjadi atensi kami untuk fokus mengawasi keduanya. Karena titik api di kedua taman nasional tersebut cukup besar," Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Rabu (11/8).

Dijelaskan Dedi, pada Agustus hingga September 2021, Kalteng diperkirakan memasuki musim kemarau. Untuk itu dia ingin memastikan kesiapan peralatan hingga personel, sehingga pada saat terjadinya karhutla, petugas dapat dengan sigap memadamkan api.

"Secara umum peralatan sudah memadai dan personel terlihat sudah ada peningkatan untuk skill-nya. Kesiapsiagaan ini akan terus dilaksanakan, sehingga jika suatu saat dibutuhkan, maka mereka siap bergerak," katanya dalam rilis yang diterima Media Indonesia, Rabu (11/8).

Dikatakannya, dari tujuh kasus karhutla yang ditangani pada Juli 2021, lima telah dilakukan penetapan tersangka, terutama terkait kasus kesengajaan dalam membakar lahan.

"Untuk itu saya tekankan kepada masyarakat, bila sudah memasuki musim kemarau, mari bersama-sama kita menjaga lahan dan hutan. Kalau ingin membuka lahan, bisa dengan ketentuan yang diatur oleh Gubernur dan Kementerian Hutan dan Lahan," terangnya. (SS/OL-10)

Baca Juga

 ANTARA/Fikri Yusuf

Mati Mesin, KMP Nusa Dua Terseret Arus di Perairan Gilimanuk

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 26 Juni 2022, 12:20 WIB
Seluruh penumpang berhasil terevakuasi dalam keadaan selamat, dan selanjutnya diantarkan ke Pelabuhan Gilimanuk menggunakan kendaraan ASDP...
MI/MARCEL KELEN

Belum Ada Temuan PMK di Papua, Pemerintah Daerah Larang Ternak dari Luar pada Idul Adha

👤Marcel Kelen 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:25 WIB
Dinas Pertanian dan Pangan Papua berharap penyakit PMK tidak terjadi di...
MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya