Rabu 11 Agustus 2021, 14:05 WIB

Sampang Siapkan Fasilitas Pemulangan Pekerja Migran Indonesia

Mohammad Ghazi | Nusantara
Sampang Siapkan Fasilitas Pemulangan Pekerja Migran Indonesia

Dok.Mi
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menyiapkan kemungkinan terjadinya arus pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal daerah tersebut hingga akhir tahun ini.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat menyatakan, hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, diketahui ada sekitar 70 ribu PMI yang menunggu pemulangan dari sejumlah negara, diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Puluhan ribu PMI tersebut, dijadwalkan pulang secara bertahap hingga Desember yang akan datang. Belum dipastikan, apakah jumlah tersebut hanya PMI legal atau termasuk juga tenaga kerja yang berangkat dari jalur tidak resmi.

Kepala Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Sampang, Agus Sumarso, mengatakan Pemkab sudah menyiapkan berbagai kemungkinan, termasuk menyiapkan ruang isolasi dan fasilitas penjemputan.

Baca juga : Isolasi Pasien Covid-19 Apung Makassar Jadi Percontohan di Indonesia

"Karantina, selain dilakukan Prmprov Jatim saat kedatangan selama tiga hari, juga dilakukan di Sampang," kata Agus Sumarso.

Selain itu, kata dia, Penkab juga menyiapkan kemungkinan adanya PMI yang terpapar virus korona. Diantaranya ruang perawatan, jika PMI yang diketahui terpapar membutuhkan ruang perawatan khusus.

Hingga saat ini, jumlah PMI yang sudah tiba di Kabupaten Sampang mencapai 2.700 orang. Jumlah tersebut terhitung sejak terjadinya pemulangan besar-besaran pada Maret lalu. (OL-2)

Baca Juga

dok.ist

Milenial Garut Rayakan HUT Ke-77 RI Gemakan Inspirasi Ganjar

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:52 WIB
SEBANYAK 52 tenda UMKM turut meramaikan Konser Milenial Memperingati HUT ke-77 RI yang diadakan di Wisata Kuliner Kerkof, Jalan Merdeka,...
MI/Gabriel Langga

Hore! Proyek Tol Listrik di Pulau Flores Sudah Terinterkoneksi

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:50 WIB
PERUSAHAN Listrik Nasional (PLN) akhirnya menyelesaikan proyek tol listrik di wilayah Pulau Flores,...
dok.ist

OMG Langkat Rayakan HUT ke 77 RI Sembari Sosialisasikan Ganjar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:41 WIB
MERIAHKAN HUT Kemerdekaan RI ke 77 Orang Muda Ganjar (OMG) Langkat menggelar sejumlah kegiatan mulai hiburan dan pameran produk UMKM lokal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya