Rabu 04 Agustus 2021, 20:55 WIB

Ribuan Ibu Hamil di Kota Cimahi Siap Divaksinasi Covid-19

Depi Gunawan | Nusantara
Ribuan Ibu Hamil di Kota Cimahi Siap Divaksinasi Covid-19

MI/Ramdani
Ilustrasi Ibu Hamil

 

SEBANYAK 4.894 ibu hamil di Kota Cimahi, Jawa Barat bakal mendapat vaksinasi Covid-19 di puskesmas. Agar kesehatannya tetap terjaga, termasuk jabang bayi yang dikandungnya, sebelum divaksin, mereka terlebih dahulu diobservasi secara menyeluruh.

Kepastian ibu hamil boleh menerima vaksin Covid-19 ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Kepala Seksi Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Indah Gilang Indira mengungkapkan, pihaknya sudah menerima kabar tentang ibu hamil yang diperbolehkan divaksin. Bahkan pihaknya diminta data oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Datanya sudah masuk pusat, namun untuk pelaksanannya belum tahu. Harus menunggu vaksinnya dulu," kata Indah, Rabu (4/8).

Jumlah yang terdata menerima vaksin mencapai 4.894 orang, namun jumlah tersebut masih bisa berubah sebab ada pembatasan usia kehamilan. Berdasarkan surat edaran, batas usia kehamilan yang boleh divaksin yaitu pada usia kandungan trimester kedua atau diatas 13 minggu.

"Ibu hamil harus by name by adress, sekarang datanya sedang dipilah yang sesuai syarat," ungkap Indah.

Menurut Indah, ibu hamil termasuk kelompok prioritas penerima vaksin karena memiliki risiko terpapar Covid-19 sama dengan orang lain pada umumnya. Dia meminta, ibu hamil tetap menjaga kondisi kesehatan dan tidak mudah stres.

Ia juga mengimbau para ibu hamil agar tidak membaca atau menonton hal-hal yang akan membuat pikiran stres ditengah kondisi Covid-19 saat ini. "Jangan banyak baca berita di Instagram, Tik tok, kan enggak semuanya benar. Banyakin nonton tayangan yang senang-senang saja," tambah Indah. (OL-13)

Baca Juga

Ist

Merayakan Ulang Tahun sembari Berwisata di Gunung Mas Puncak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:25 WIB
Pada 15 November 2021 nanti, hari jadi kedua akan dirayakan di Agrowisata PTPN VIII Gunung Mas, Puncak, Bogor, selama 3...
ANTARA/Galih Pradipta

Program Langit Biru, Pertamina Diskon Harga Pertalite di Nias

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:20 WIB
Diskon Pertalite berlaku di Nias hingga 28 hari ke depan dan tersedia di 24...
MI/NURUL HIDAYAH

Pertanian Kabupaten Cirebon Butuh Intervensi Pemerintah Pusat

👤Nurul Hidayah 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:15 WIB
Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah yang berkontribusi terhadap swasembada beras...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya