Selasa 03 Agustus 2021, 14:39 WIB

Bantuan Pengusaha Peduli NKRI Jangkau Sumatra Selatan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Bantuan Pengusaha Peduli NKRI Jangkau Sumatra Selatan

DOK Pribadi.
.

 

DONASI para pengusaha yang tergabung dalam gerakan Pengusaha Peduli NKRI (PPNKRI) dalam bentuk bantuan pangan bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 menjangkau Sumatra Selatan. Penyerahan bantuan berlangsung simbolis dengan dukungan Kantor Sekretariat Kepresidenan. 

"Donasi ini adalah kelanjutan komitmen kepedulian serta solidaritas para pengusaha berlatar kebersamaan, bergotong royong. Sebagaimana seribu tangan yang menyangga akan lebih ringan dibandingkan satu tangan saja. Karenanya, kami sekaligus mengajak perusahaan lain yang mampu dan tergugah untuk turut memberikan bantuan. Apakah dengan bergabung bersama kami atau melakukannya secara terpisah," kata Gandi Sulistiyanto, inisiator sekaligus koordinator gerakan, dalam keterangan resmi, Selasa (3/8). 

Dengan dukungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, sebanyak 30.000 paket bahan pangan berupa beras, minyak goreng, dan mi instan diserahkan ke pihak Kepolisian Daerah Sumatra Selatan yang diterima oleh Kapolda Inspektur Jenderal Eko Indra Heri. Menurut Gandi Sulistiyanto yang juga calon duta besar untuk Republik Korea, PPNKRI tidak hanya berisikan perusahaan besar, tetapi juga perusahaan rintisan, hingga UMKM dengan nilai donasi yang sangat bervariasi. 

"Setiap rupiah yang didonasikan kami pertanggungjawabkan sedetail-detailnya," ujarnya. Mereka memilih berdonasi dalam bentuk barang agar dapat segera dimanfaatkan, khususnya bahan pangan bagi masyarakat.

Sehari sebelumnya telah berlangsung donasi bagi warga masyarakat Bali berupa 500 ton beras yang diserahkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono melalui videokonferensi. Penyaluran akan dilakukan para relawan Tzu Chi bersama jajaran pemerintah daerah dengan dukungan dari aparat Polda Bali serta Kodam IX/Udayana. Donasi ke Sumatra Selatan dan Bali merupakan bagian dari komitmen bantuan beras sebanyak 35.000 ton dari para pengusaha.

Inisiatif Pengusaha Peduli NKRI yang bermula Maret 2020 berhasil menggalang dana lebih dari Rp660 miliar dari sejumlah perusahaan di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Nasional Indonesia (Kadin) dalam wujud bahan pangan untuk masyarakat, beserta peralatan kesehatan seperti ventilator, alat pelindung diri, peralatan uji cepat, dan masker bagi para tenaga kesehatan, dan fasilitas medis melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Bantuan tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta puskesmas di Jabodetabek dan 26 provinsi lain di Indonesia. 

Bantuan berikutnya berupa 10.000 ton beras berikut 20 juta masker bagi masyarakat telah tersalurkan dengan dukungan para relawan Tzu Chi. Terkini, bantuan beras beserta obat-obatan, kosentrator oksigen, dan aktivasi sentra vaksin, berlangsung pada Jumat (23/7).

Baca Juga

 MI/Rendy Ferdiansyah

Pertamina Siapkan BBM Berkualitas hingga ke Desa di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:37 WIB
KETIMBANG membeli premium eceran seharga pertamax, lebih baik membeli pertamax di Pertashop milik...
MI/LILIK DARMAWAN

Asa Sejahtera Kampung Garam di Pesisir Laut Selatan

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 14:50 WIB
Potensi Laut Selatan mulai dimanfaatkan petani Kebumen setelah mendapat pembinaan dan pelatihan dari Kementerian Kelautan dan...
 ANTARA/Zabur Karuru

Korban Gempa Malang Tuntut Realisasi Bantuan Rumah

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 14:50 WIB
Dampak gempa merusak 10.482 rumah di 32 kecamatan. Gempa susulan juga kembali mengguncang pada Jumat (21/5) malam, merusak 404...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya