Jumat 30 Juli 2021, 19:13 WIB

Pemprov Sumsel Gandeng Pusri Sediakan Pengisian Oksigen Gratis

Dwi Apriani | Nusantara
Pemprov Sumsel Gandeng Pusri Sediakan Pengisian Oksigen Gratis

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) meninjau Posko Layanan Pengisian Oksigen Gratis di Komplek PT Pusri, Jalan Mayor Zen, Jumat (30/7).

 

TINGGINYA permintaan oksigen tabung untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan membuat pemerintah daerah bergerak cepat. Agar kebutuhan masyarakat tercukupi, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menggandeng berbagai stakeholder yang dapat memberikan dan menyediakan oksigen untuk masyarakat yang membutuhkan.

Setelah PT Ligasin sebagai penyedia oksigen, Sinar Mas yang memiliki pabrik oksigen, kini giliran PT Pupuk Sriwidjaja yang digandeng untuk menyediakan oksigen bagi masyarakat di Sumsel dan provinsi lain yang membutuhkan. Dalam kerja sama dengan Pusri ini, disediakan posko layanan pengisian tabung oksigen kesehatan secara gratis. Posko ini dibuka untuk masyarakat perorangan maupun fasilitas kesehatan di Provinsi Sumsel.

"Kita bekerja dengan Pusri untuk membuka posko layanan pengisian tabung oksigen gratis bagi masyarakat perorangan atau fasilitas kesehatan di Sumsel. Dan kita sudah sediakan layanan call center yakni 0882000376999," kata Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau Posko Layanan Pengisian Tabung Oksigen Gratis di Komplek PT Pusri, Jalan Mayor Zen, Jumat (30/7).

Ia mengatakan, tidak ada syarat khusus untuk mendapatkan oksigen gratis ini. Jadi cukup bawa tabung okisgen dan identitas diri seperti fotokopi KTP atau identitas lainnya. 

"Posko ini dibuka 24 jam. Jadi masyarakat bisa datang kapanpun nanti akan dilayani petugas yang ada. Jadi okisgen ini tidak hanya khusus yang terpapar Covid-19, tapi untuk semua orang yang membutuhkan misal sakit jantung juga boleh," katanya.

Ia menjelaskan, untuk masyarakat yang dari luar daerah juga disediakan mess atau wisma standar melati dari PT Pusri dengan kapasitas 15 kamar. "Jadi sembari menunggu tabung oksigen diisi bisa istirahat terlebih dahulu. Di Sumsel, ini sehari bisa memproduksi 100 ton liquid oksigen dari berbagai perusahaan seperti dari PT Pusri, PT OKI Pulp & Paper Mills, dan juga PT Ligasin. Jadi ini kerjanya sinergi bersama-sama," ungkap Herman Deru.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum Pusri Saifullah Lasindrang menambahkan, untuk PT Pusri bisa memproduksi 3 ton liquid okisgen per hari.

"Alhamdulillah sejauh ini masih lancar dan tidak mengganggu produksi. Kita sudah mengirimkan ke Jawa Barat, Jakarta, Lampung dan lain-lain. Kalau ada daerah yang membutuhkan bisa kirimkan iso tank ke sini nanti tinggal diisi saja," katanya.

Menurut Saifullah, di Pusri juga menyediakan tabung oksigen. Tercatat saat ini ada sebanyak 500 tabung yang nantinya akan dibagikan dalam program CSR Pusri. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...
MI/Benny Bastiandi

Serangan Hama Tungro di Kalsel Terus Meluas

👤Denny Susanto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:40 WIB
SERANGAN hama tungro yang melanda areal tanaman padi di Provinsi Kalimantan Selatan sejak beberapa pekan terakhir kian meluas dan...
MI/Dwi Apriani

Dukungan Ganjar Jadi Presiden Meluas hingga ke Desa di Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:25 WIB
GANJAR Pranowo terus mendapat dukungan dari masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) agar menjadi Presiden 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya