Sabtu 24 Juli 2021, 16:25 WIB

Polisi Tangkap Guru Penyebar Video Hoaks di Lampung

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara
Polisi Tangkap Guru Penyebar Video Hoaks di Lampung

Antara
Ilustrasi

 

POLISI menciduk seorang guru berinisial G bin NOK (51) karena diduga menyebarkan video hoaks terkait kerusuhan di Pasar Metro, Lampung beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pandra Arsyad menuturkan bahwa guru tersebut menyebarkan berita bohong untuk meraup keuntungan pribadi.

"Tersangka G bin NOK ini mengupload video hoax berupa kerusuhan terkait PPKM Level 3 di pasar terminal Metro Pusat, Agar masyarakat tertarik menonton video di akun youtube tersangka dengan tujuan menambah subscriber dan viewers akun youtube milik tersangka," tutur Pandra, Sabtu (24/7).

Pandra menyebut Subdit V Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung telah mendeteksi video tersebut sejak 15 Juli. Pandra menjelaskan bahwa akun yang digunakan oleh guru tersebut bernama 'Guntoro TwentyOne'.

Di dalam video itu, guru itu pun memasang judul 'Demo pedagang di pusat perbelanjaan'. Oknum tersebut juga memasang keterangan bahwa kejadian demonstrasi tersebut berada di wilayah Pasar Metro Pusat, Lampung.

"Setelah tim siber Polda Lampung melakukan pengecekan bahwa berita tersebut tidak benar dan dapat dipastikan bahwa video tersebut adalah bohong atau hoaks," terang Pandra.

Kemudian, polisi mencari keberadaan terduga pelaku dan tim mengamankan guru tersebut di rumahnya pada Jumat (16/7).

Dari kediaman guru, polisi menyita barang bukti berupa handphone yang digunakan oleh guru tersebut untuk mengunggah video ke channel YouTube tersebut.

Atas perbuatannya, tersangka akan dikenakan Pasal 14 ayat (1) dan (2) KUHP yang berbunyi: barang siapa menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya 10 tahun. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Ardi Teristi

Objek Wisata di Kaliurang Perlu Dukungan Transportasi Umum

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 18 September 2021, 07:19 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pihaknya tengah mengkaji untuk menghidupkan kembali angkutan umum...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Gerakan Malam Hari Loro Blonyo Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 18 September 2021, 00:50 WIB
Melalui gerakan vaksinasi yang dilakukan Komunitas Loro Blonyo dibantu TNI dan Polri, saat ini masyarakat di sekitar pantai selatan...
 ANTARA/Adwit B Pramono

Pandemi Mereda, Kebutuhan Tepung Diprediksi Meningkat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 17 September 2021, 23:25 WIB
Produsen terigu BOLA Deli terus memperluas jaringan distribusinya hingga ke seluruh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya